Beranda - Pariwisata - Event - Minimalisir Kecurangan, Tanah Datar Akan Gunakan e-MTQ
Sosialisasi dan pelatihan untuk operator E MTQ Kecamatan, Bagian Kesra dan Kemenag Tanah Datar
Sosialisasi dan pelatihan untuk operator E MTQ Kecamatan, Bagian Kesra dan Kemenag Tanah Datar

Minimalisir Kecurangan, Tanah Datar Akan Gunakan e-MTQ

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Batusangkar – Guna meningkatkan kualitas dan pemberdayaan kafilah yang akan berlaga dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), pemerintah Tanah Datar melalui Bagian Kesra meluncurkan program E-MTQ (Elektronik MTQ). Ini merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Sumatera Barat yang menerapkan program ini dalam kegiatan MTQ.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Kesra Afrizon dihadapan Instruktur dari Kemenag Sumbar Jonifer Ara, ahli Informasi Teknolgi (IT) Hari Setia Budi, Kemenag Tanah Datar diwakili Helmi Zuldi, dan undangan lainnya pada sosialisasi dan pelatihan untuk operator E MTQ Kecamatan, Kemenag Tanah Datar dan Bagian Kesra, di Aula Eksekutif Kantor Bupati, Kamis (19/4/2018).

Kabag Afrizon memaparkan, penerapan E-MTQ dilmulai dari pendaftaran sampai tahap penilaian. ’’Sosialisasi dan pelatihan sehari ini mampu menciptakan operator handal, sehingga tujuan E-MTQ untuk meminimalisir penyimpangan dan kecurangan dalam pelaksanaan ivent dua tahunan ini dapat dicapai, sehingga akan menghasilkan kafilah asli Tanah Datar yang terbaik yang mampu berprestasi ditingkat lebih tinggi lagi” sampainya.

Afrizon menambahkan, E-MTQ akan aplikasikan pada MTQ N Tingkat Kabupaten Tanah Datar ke 40 yang dipusatkan di Kecamatan Lintau Buo.

“Insya Allah MTQ N ke 40 nanti di bulan Juni sampai Juli 2018 aplikasi ini akan kita pakai, dan untuk mensukseskannya sengaja 14 orang operator kecamatan, 5 orang dari kemenag Tanah Datar dan 3 orang dari Kesra kita latih untuk operasikan E-MTQ hari ini”tukasnya.

Sementara itu Helmi Zuldi yang mewakili Kepala Kemenag Tanah Datar mengungkapkan rasa optimisnya program E-MTQ dapat terlaksana nantinya.

“Melihat semangat dan antusiasnya peserta sosialisasi dan pelatihan hari ini, Saya sangat optimis program ini dapat terlaksana dengan baik, apalagi server untuk program ini Kemenag sudah memilikinya sendiri” ujarnya.

Dan diakhir penyampaiannya Helmi Zuldi berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti dengan serius dan sebaik-baiknya pelatihan yang menghadirkan narasumber yang sangat kompeten, sehingga ketika eksekusi di lapangan, nantinya tidak ragu-ragu lagi. (DVD)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Timnas Indonesia saat laga ujicoba melawan Myanmar (foto PSSI)

Hadapi Hongkong, Pembuktian Bagi Timnas Senior

Spiritsumbar.com – Tim Nasional Indonesia bertekad meraih kemenangan melawan Hongkong pada laga uji coba internasional ...