Beranda - Headline - Minangkabau Cup, Ajang Penggalian Talenta Bergulir Lagi

Minangkabau Cup, Ajang Penggalian Talenta Bergulir Lagi

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com -Sukses pelaksanaan turnamen sepakbola antar kecamatan terbesar se Sumatera Barat, dua tahun berturut turut, Minangkabau Cup untuk tahun ketiga bakal kembali bergulir. Untuk tahun 2018, pelaksanaan Minangkabau Cup yang tersebar di 19 Kota/Kabupaten se-Sumbar bakal kembali akan menghebohkan tim level kecamatan di akhir ini.

Minangkabau Cup seperti diketahui adalah turnamen sepakbola yang awalnya bernama Irman Gusman Cup (IGC). Pertama kali bergulir pada 13 Maret- 22 Mei 2016. Dari 179 kecamatan yang tersebar di 19 Kota/Kabupaten se-Sumbar, baru 153 tim dari 18 kabupaten/kota yang tampil dalam edisi perdana tersebut.

Tercatat 3.825 orang pemain yang terlibat dan 1.071 official. Selama pertandingan tercipta 827 gol tercipta.

Kecamatan Koto Tangah Kota Padang menjadi juara perdana setelah mengalahkan wakil juara zona Kabupaten Padang Pariaman, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, 2-0 di final yang berlangsung Stadion H. Agus Salim, Minggu (22/5/2016).

Berikutnya, juara 3 direbut Tim Kecamatan Koto VII (Kabupaten Sijunjung) yang menumbangkan Tim Kecamatan Payakumbuh Barat (Kota Payakumbuh) yang saat itu dikapteni oleh Finno Andrianas, eks Semen Padang U-21 (2014-2016) dan Semen Padang Senior (2017-2018).

Setahun kemudian, IGC berubah label menjadi Minangkabau Cup I-2017, dan berlangsung dari 27 Februari hingga 20 Mei 2017 dan diikuti sebanyak 162 tim kecamatan, 5000 pemain dan 1200 official.

Koto Tangah kembali pertahankan gelar dengan mengalahkan Kecamatan Bayang (3-1) di final yang juga berlangsung di Stadion H. Agus Salim, Padang, Sabtu (20/5/2017). Sementara Kecamatan Talawi meraih gelar juara ketiga menang (3-0) atas Kecamatan Padang Panjang Timur.

Tahun 2018 ini, Minangkabau Cup II-2018 bersiap lagi mewadahi potensi-potensi terselubung pesepakbola muda Sumatera Barat. SEGERA SIAPKAN TIM SEPAKBOLA KECAMATAN ANDA! (*)

DAFTAR PEMENANG Edisi 2016 :
Juara 1 : Kota Tangah (PADANG)
Juara 2 : V Koto Kampung Dalam (PADANG PARIAMAN)
Juara 3 : Koto VII (SIJUNJUNG)
Juara 4 : Payakumbuh Barat (PAYAKUMBUH)
– Penghargaan Invidual :
Top Scorer : Riski Husnul (Koto Tangah)
Best Player : Randa Eka Putra (Koto Tangah),
Best Young Player : Al Rahim (V Koto Kampuang Dalam),
Best Keeper : Agung Widodo (Koto VII),
Best Defender : Zaidel Hari Pandi (V Koto Kampuang Dalam),
Best Midfielder : Viki Tri Putra (Koto Tangah)
Best Forwarder : Rafikal Ilma (V Koto Kampuang Dalam),

DAFTAR PEMENANG Edisi 2017 :
Juara 1 : Koto Tangah (PADANG)
Juara 2 : Bayang (PESISIR SELATAN)
Juara 3 : Talawi (SAWAHLUNTO)
Juara 4 : Padang Panjang Timur (PADANG PANJANG)
– Penghargaan Invidual :
Top Scorer : Sayyid Sutan (Bayang)
Best Player : Farid Faturrahmad (Koto Tangah),
Best Young Player : Ulul Azmi (Bayang)
Best Keeper : Yogi Andriko (Padang Panjang Timur),
Best Defender : Erik Kurniawan (Talawi)
Best Midfielder : Teddy Afra Ashari (Bayang)
Best Forwarder : Ronaldo Eko Julianto (Koto Tangah)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Peduli Lingkungan untuk Kemaslahatan

SPIRITSUMBAR.com – Untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk mencintai lingkungan dan memberikan edukasi bagi ...