Beranda - Berita Pilihan - Mentawai Butuh Kontribusi Kuat
Brigjen Pol. Basarudin
Brigjen Pol. Basarudin

Mentawai Butuh Kontribusi Kuat

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Kapolda Sumatera Barat melakukan kunjungan untuk menghadiri sambang masyarakat Pantai dan Nelayan dengan Ditpolair Polda Sumbar di Mentawai. Kunjungan ke Mentawai merupakan yang pertama dan merupakan kunjungan kerja ke 13 dari berbagai Polres yang ada di Sumbar.

Kunjungan kerja ke Mentawai dalam rangka pelaksanaan Quick Wins Renstra Polri tahun 2015 – 2019 dengan tema deklarasi penolakan organisasi radikal dan Anti Pancasila. Kapolda didampingi Ibu Endriany Basarudin, Kejaksaan Tinggi Widodo Supriadi dan rombongan berlangsung, Rabu (24/2/2016).

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dalam sambutanya mengatakan lintas gambaran tentang Mentawai saat ini, dengan luas 14 persen dari walayah Sumbar atau 6000 km per segi dengan penduduk 90.000 jiwa serta jajaran pertikal yang ada di Mentawai.

Dari jajaran yang ada ini selalu ada komunikasi, kerja sama sebatas kemampuan yang ada. Dia berharap kepada jajaran kepolisian untuk meningkatkan pelayanan keamanan, ketertiban masyarakat khususnya.

“Mentawai masih butuh pemekaran kapolsek, karena masih ada 3 Kecamatan dibawah 1 pimpinan polsek dengan personil yang minim. Mohon juga dukungan peningkatan SDM bagi putra/I Mentawai yang jadi anggota kepolisian. Juga arahan bagi kami untuk menjamin keamanan masyarakat. Disamping adanya isu-isu atau aktifitas yang mencurigakan sebagai antisipasi kita bersama. Karena Mentawai ini adalah kepulauan, sangat terbuka,” ungkapnya.

Kapolda Sumbar Brigjen Pol. Basarudin juga menyampaikan Polri ini mengembang tugas sebagai keamanan, alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Bertugas melindungi, mengayomi masyarakat serta penegakan hukum.

Terkait keamanan ini, idealnya bagi keamanan disini ada TNI, Polri, Pol.PP, dan jajaran lain itu harus ada sinergi bersama. “Seperti halnya isu-isu topeng, sebenarnya itu tidak ada. Kita memasuki perang modern artinya lawanya tidak jelas, hanya gesekan saja terlalu sensitif dikalangan kita, akhirnya terganjal aktifitas dan peningkatan ekonomi kita, dengan adanya jajaran vertikal, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan komponen lainnya, kalau semua komponen ini bersatu kompak negerinya aman dan maju,” ujarnya.

Diharapkan pada Pemerintah, jajaran TNI-Polri dan komponen lainnya untuk bersinegi dan memberikan kontribusi yang kuat dalam penegakan hukum dilingkungan kita ini, katanya. (Rel)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pusat Kirim APD untuk Sumbar

Spiritsumbar.com, Padang – Keluhan minimnya Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis di Sumatera Barat ...