Beranda - Pendidikan - Artikel - Menjadi Guru Berprestasi
Feri Fren
Feri Fren

Menjadi Guru Berprestasi

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)M

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Pengawas Sekolah, dan Kepala Sekolah Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif.  Tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan. Sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat.

Selaras dengan kebijaksanaan pembangunan yang meletakkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan Nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis. Terutama, dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global dan Revolusi Industri 4.0 yang bak gelombang Tsunami datangnya ke tengah-tengah masyarakat.

Guru yang bekerja dengan komitmen yang tinggi secara ikhlas dan berdedikasi akan diberikan penghargaan oleh pemerintah. Baik dari segi point untuk kepangkatan dan penghargaan-penghargaan lainnya.

Guru berprestasi adalah guru yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang mampu memenuhi bahkan melebihi Standar Nasional Pendidikan, memiliki kinerja yang melebihi guru lain. Berkarakter mulia dan menjadi suri tauladan bagi siswa, sesama guru, serta masyarakat.

Selain itu, mampu secara langsung membimbing peserta didik hingga mencapai prestasi di bidang intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Berprestasi terhadap kinerjanya dan bermanfaat untuk orang lain.

Seorang guru berprestasi memiliki kompetensi akademik dan kemampuan kinerja yang sangat bagus dalam bidang pendidikan dengan administrasi yang lengkap.. Disamping itu, seorang guru berprestasi juga mampu menghasilkan karya kreatif atau inovatif.

Antara lain pertama, memiliki inovasi dalam pembelajaran atau bimbingan. Kedua, penemuan teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan.

Ketiga, penulisan buku di bidang pendidikan. Keempat, penciptaan karya seni. Kelima, karya atau prestasi di bidang olahraga. Keenam, secara langsung membimbing peserta didik hingga mencapai prestasi. Kemuanya itu dapat dibuktikan melalui studi dokumentasi dan wawancara kesemua warga sekolah.

Persyaratan lain yang harus dimiliki oleh seorang guru berprestasi adalah pertama, memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1) atau diploma empat (D IV).

Kedua, memiliki sertifikat pendidik. Ketiga, aktif melaksanakan proses pembelajaran yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah. Keempat, mempunyai masa kerja sekurang-kurangnya delapan tahun sebagai guru secara terus-menerus sampai saat diajukan sebagai calon peserta,

Kelima, melaksanakan beban mengajar sekurang-kurangnya 24 jam perminggu. Keenam, tidak pernah dikenai hukuman selama tiga tahun terakhir.

Ketujuh, melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah bahwa yang bersangkutan merupakan hasil seleksi dari satuan pendidikan. Kedelapan, melampirkan penilaian pelaksanaan pembelajaran dan kinerja guru yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah tahun terakhir.

Kesembilan, melampirkan bukti partisipasi sebagai pengurus dalam kemasyarakatan berupa surat keterangan atau bukti fisik berupa rekomendasi dari penanggung jawab organisasi kemasyarakatan yang disahkan oleh kepala sekolah selama dua tahun terakhir.

Kesepuluh, melampirkan portofolio tiga tahun terakhir, membuat publikasi ilmiah, membuat video pembelajaran lengkap dengan rencana pelaksanaan pembelajarannya dan lain sebagainya.

Sebenarnya tidaklah sulit untuk menjadikan diri seorang guru menjadi guru yang berprestasi. Kalaulah semua pekerjaan dan aturan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya di dalam bertugas, lalu semua administrasi dikumpulkan secara lengkap bukti fisiknya dengan teratur, hal itu tentu akan mudah diraih. Selamat mencoba.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Leonardy Harmainy Puji Petugas Haji Embarkasi Padang

SPIRITSUMBAR.com, Saudi Arabia – Pelaksanaan ibadah haji tahun terus mengalami perbaikan. Bahkan, di tahun 2019 ...