Beranda - Pendidikan - Apresiasi - Mendikbud RI jadi Pembina Upacara Harkitnas di LPMP Sumbar

Mendikbud RI jadi Pembina Upacara Harkitnas di LPMP Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 110 Tahun 2018 mengambil Tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital”.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Prof.Dr.Muhadjir Effendy, M.Ap hari Senin tanggal 21 Mei 2018 selaku pembina upacara di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat.

Lebih lanjut disampaikan, Seratus sepuluh tahun yang lalu, tepatnya tanggal 20 Mei 1908 kaum terpelajar mendirikan perkumpulan pergerakan kebangsaan sebagai cikal bakal lahirnya nasionalisme kebangsaan. Ditengah penderitaan akibat penjajahan Belanda yang telah memecah belah Nusantara berabad-abad lamanya. Budi Utomo lahir untuk membangun fondasi bangunan kebangsaan.



Dr.Sutomo dan Dr.Wahidin Sudirohusodo menggagas cita-cita luhur membangun pendidikan dan kesehatan rakyat pribumi sebagai fondasi utama bangunan kebangsaan.
Semangat Boedi Utomo tersebut masih relevan dengan kondisi saat ini, Bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian berat. Potensi disintegrasi bangsa dan ancaman baik yang datang dari dalam dan dari luar perlu kita waspadai. Revolusi teknologi informasi yang kita kenal dengan era digital telah memasuki semua sendi-sendi kehidupan bangsa.

Kepada guru-guru Mendikbud berpesan, mari kita waspadai dan kita antisipasi semua tindakan yang akan memecahbelah persatuan bangsa , agar peserta didik kita sebagai generasi penerus tidak goyah dalam membangun nilai-nilai karakter bangsa negara Republik Indonesia yang kita cintai ini.



Peserta yang hadir dalam mengikuti upacara Harkitnas kali ini berasal dari Kepala SD dan SMP se Kota Padang beserta Kepala Dinas Pendidikannya, Balai Bahasa, Balai Pengembangan Nilai Budaya, Balai Pengembangan Cagar Budaya, Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas, serta seluruh pegawai LPMP Sumatera Barat. (Feri Fren)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Merdeka Itu Amanah

Oleh : Efnita (Guru SMPN.3 Koto Salak) Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari ...