Beranda - Pendidikan - Artikel - Memperbaiki Citra Guru Agama (2)
Fitra Yenti
Fitra Yenti

Memperbaiki Citra Guru Agama (2)

Print Friendly, PDF & Email

Pemerintah sendiri juga sudah melakukan berbagai upaya untuk membantu guru-guru agama menjawab berbagai persoalan dan tantangan yang mereka hadapi.

Misalnya saja dengan memberikan beasiswa untuk meningkatkan kualifikasi akademik, memberikan berbagai pelatihan, memberikan reward bagi guru agama berprestasi dan lain sebagainya.

Khusus untuk meningkatkan kompetensi guru-guru agama, pemerintah melalui Departemen Agama memiliki cara-cara yang sangat menarik. Misalnya melalui program visiting dengan menugaskan guru-guru agama terbaik untuk melatih guru-guru agama di daerah terpencil dan terpelosok.



Berdasarkan pengalaman serta evaluasi, program seperti ini ternyata cukup efektif dalam meningkatkan kompetensi guru. Tidak saja bisa menjangkau mereka yang sulit dijangkau, tapi sekaligus juga memotivasi dan menginspirasi mereka. Sebab, sebagian guru yang dikirim merupakan guru berprestasi yang sudah dikirim belajar ke luar negeri kemudian mengabdi ke pelosok negeri sendiri.

Satu hal lagi yang sangat menarik untuk dicermati sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru agama ialah program pelatihan singkat (short course). Dengan mengirim guru-guru agama ke negara-negara maju untuk belajar metodologi pembelajaran serta multikulturalisme.



Sejak dua tahun terakhir ini, kementerian agama sudah dua kali mengirim guru-guru agama terbaik belajar metodologi pembelajaran dan multikulturalisme ke luar negeri. Tahun lalu ke Oxford University, Inggris, sebanyak 40 orang dan tahun ini ke Adelaide University, Australia sebanyak 42 orang.

Selanjutnya : Memperbaiki Citra Guru Agama (3)

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemkab Muara Enim belajar e-warung

Muara Enim Pelajari e-Warung Pemko Padang

SPIRITSUMBAR.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali menjadi acuan bagi pemerintah daerah di Indonesia. Kali ...