Beranda - Berita Pilihan - Media Punya Tanggungjawab Sampaikan Data dan Fakta
Wabup Tanah Datar dalam kegiatan Satgas Informasi Publik
Wabup Tanah Datar dalam kegiatan Satgas Informasi Publik

Media Punya Tanggungjawab Sampaikan Data dan Fakta

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Batusangkar – Semakin pesatnya kemajuan teknologi melahirkan media dengan berbagai corak, ragam dan kreativitas untuk menyampaikan informasi, seperti media sosial, videotron, televisi, radio dan lain sebagainya.

Demikian disampaikan Wabup Zuldafri Darma dihadapan Kadis Kominfo Erizal Ramli, Kepala Perum LKBN Antara Sumbar Azhari dan peserta Sosialisasi Satuan Tugas (Satgas) Penyebarluasan Informasi Publik di Lingkup Pemda Tanah Datar di Aula Kantor Bupati, Rabu (1/8/2018).

Zuldafri menambahkan, keberadaan media tidak sebatas penyampai informasi aktual, namun juga mempunyai tanggung jawab menyampaikan fakta dan data yang sebenarnya.



“Dalam menulis berita harus jelas data dan fakta yang bisa dipertanggungjawabkan, berita bukan berdasarkan isu atau kabar angin, karena akan menghasilkan Hoaks,” sampainya.

Artikel Lainnya

loading…


Karena itu, kata Wabup, para peserta sosialisasi dan satgas Penyebarluasan Informasi Publik harus ikuti acara ini, sehingga memperoleh kemampuan dalam menulis berita ataupun informasi lainnya.

“Peserta dan Satgas yang telah terbentuk diharapkan benar-benar mampu menulis berita, artikel atau lainnya, paling tidak berita kegiatan di OPD masing-masing, apalagi sekarang semua punya Website yang bisa dimanfaatkan” katanya.

Sebelumnya Kadis Kominfo Erizal Ramli menyampaikan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi lahir karena melihat perkembangan dan fenomena informasi saat ini.

“Sengaja kita bentuk Satgas dan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran tentang penulisan berita, sehingga berita hoaxs, fitnah dan lainnya bisa diminimalisir kalaupun tidak bisa dihilangkan,” katanya.

Erizal berharap, pelaksanaan sosialisasi akan memberikan dampak nyata bagi peserta untuk bisa menulis berita ataupun bentuk informasi lainnya.

“Kita hadirkan Kepala LKBN Antara Sumbar sebagai narasumber sehingga bisa sharing ilmu dan pengalamannya tentang jurnalistik,” tukas Erizal.

Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi oleh kepala LKBN Antara Sumbar dan setelahnya kepala Dinas Kominfo Tanah Datar. (DVD)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Esteban Vizcarra saat berkostum Semen Padang FC

Jelang Hadapi Hongkong, Bima Sakti Pulangkan Esteban Vizcarra

Spiritsumbar.com – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti memulangkan Esteban Vizcarra dan Rezaldi Hehanussa jelang ...