Beranda - Berita Pilihan - Maulid Nabi Bangkitkan Semangat Keimanan

Maulid Nabi Bangkitkan Semangat Keimanan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Untuk membangkitkan semangkat keimanan dan rasa kecintaan umat kepada Rasulullah Muhammad SAW,  pengurus mesjid Abrar Nagari Sitalang adakan acara maulid nabi tingkat kecamatan Ampek Nagari.

Dalam acara tersebut dihadiri Camat Ampek Nagari Roza Syafdiyenti , Kapolsek  Iptu  Elvis Susilo, Walinagari, niniek mamak ,tokoh masyarakat, majlis taklim se kecamatan Ampek Nagari, masyarakat, remaja dan TPA.

Dalam sambutannya,  H. Ahmad Mansur Imam Basa pemilik  dan pengurus Mesjid Abrar yang akrab di sapa buya oleh masyarakat  sekitar mengatakan bahwa Abrar artinya baik.

“Baik pada yang lebih baik. Siapa saja yang masuk ke mesjid Abrar ini mudah mudahan menjadi orang baik. Semoga Allah memberikan pahala  dan keberkahan  hidup pada kita. Sehingga kedatangan kita bersama di mesjid Abrar dalam rangka melaksanakan kegiatan keagamaan yaitu memperingati maulid nabi besar Muhammad SAW, di catat oleh Allah SWT sebagai amal shaleh Amin. Mari kita simak bersama pengajian yang akan di sampaikan ustadz nantinya,” ungkap buya.

Camat Ampek Nagari Roza Syafdiyenti dalam sambutanya mengatakan bahwa mudah mudahan  kedatangan kita ke sini menjadi amal, kita datang ke mesjid juga  dapat ilmu. Sehingga rasa cinta kepada nabi bertambah, dan perubahan sikap juga bertambah baik. Bagaimana setelah maulid nabi ini bertambah ramai mesjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.  Begitu juga dengan sosial kemasyarakatan dan si laturahmi bertambah baik,” papar Buk Camat
Roza.

Lebih lanjut dia jelaskan bahwa mari   perkuat keagamaan. Karena 17 kecamatan di Agam mekar, Ampek nagari mekar. Dan sudah berapa orang camat sebelum saya, mari kita berpastisifasi untuk meningkatan kegiatan kecamatan Ampek Nagari yang lebih baik lagi ke depan.  Semua itu bisa di wujudkan tentu harus tidak terlepas dari kerja sama dan partisifasi masyarakat, untuk mari kita bahu membahu  dan kerjasama dalam membangin nagari. Besok kita ada acara Sirasah sitanang,

Kegiatan bairiang iriang awak mengiring jamba, makan bersama. Mari kita hadir bersama sama menyukseskan acara ini ujarnya.

Ditambahkan Camat Roza bagi masyarakat yang belum bayar pajak, tolong diselesaikan, dengan kita membayar pajak pembangunan pun daerah pun berjalan cepat dan lancar. Saat ini yang telah tuntas pembayaran pajaknya adalah untuk Kecematan  Ampek Nagari  yaitu Nagari Sitanang ungkap Roza.

Sambutan Kapolsek Ampek Nagari mengatakan mesjid ini bersih, pasti orang di sekeling ini orang beriman.Tolong jaga aset kita, kondisi kendaraan kita dalam keadaan terkunsi, sekarang kita harus banyak waspada, kita tidak boleh lengah karena saat ini tahun politik tolong jaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban.

Kalau ada perbedaan pandangan dalam politik tolong saling menghargai dan saling menghormati, dan tolong jaga kebersamaan dan persaudaraan.  Dan kita juga mengingatkan jangan mesjid di jadikan politik, mari sama sama jaga ketentraman dan ketenangan  ungkap Kapolsek  Ampek Nagari.

Ustadz Syahrul Akmal dalam ceramahnya menjelaskan, maulid nabi adalah milad, artinya memperingati ulang tahun nabi Muhammad SAW. Yang melaksanakan adalah umat, yang tujuannya adalah untuk membangkitkan kembali semangat dan rasa cinta umat kepada nabi Muhammad SAW.

Dijelaskan ustadz Sahul Akmal bahwa orang pertama kali melaksanakan maulid nabi adalah ” SALAHUDIN Al AYUBI ”  yang telah di jadikan sebuah buku Al Barazanji. Kalau ada orang tidak mau maulid nabi berarti tidak cinta kepada nabi. Memang tidak ada dalam hadist dan perintah nabi, tapi ini akan menimbulkan keiman dan kecintaan umat kepada nabi.

Kehadiran Nabi Muhammad ke muka bumi adalah untuk rahmat sekalian alam. Membentuk aklaq manusia, untuk taat dan patuh ke pada Allah yang maha pencipta. Sekarang kenapa banyak terjadi bencana mungkin karena Allah murka, manusia banyak ingkar, manusia tidak akan tahu akan terbencana karena ini adalah rahasia Allah. Maka dari itu mari tingkat amal shaleh, taat dan patuh apa yang perintahkan Allah dan rasulnya, dan hentikan segala apa yang di murkai dan di larang Allah dan rasulnya, insyallah, Allah Azza Wajalla akan memberikan ketentram, ketenangan dan keberkahan ke pada kita.

Dengan acara maulid nabi ini mari kita tingkat ke imanan dan ke taqwaan ke pada Allah SWT, mari kita pupuk rasa cinta dan rindu kita kepada nabi Muhammad SAW, perbanyak bersalawat  kepadanya, taati sunnahnya  karena di akhirat orang yang banyak bersalawat akan mendapat safaat dari nabi  Muhammad SAW Ungkap Sahrul Akmal.

Dalam acara tersebut terlihat kegembiran anak anak didik TPA karena berkeaempatan menambilkan ke bolehanya, peserti lagu kasidah, puisi keagamaan. Juga tampil tahfizul qur’an oleh Rafli Rahmat SDIT Al Madani Lubuk Basung Agam. Sekaligus juga ada sosialisasi  umroh dan haji oleh Pt. Mudaris Wisata kantor perwakilan Lubuk Basung Kabupaten Agam. ( Irman Naim )

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Serius Hadapi Pilgub Sumbar, Donny Moenek Siap Adu Konsep

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  RI, Reydonnyzar Moenek, sudah menjadi perbincangan ...