Beranda - Headline - Masriadi Martinus : Gubernur Harus Paham Kebijakan Fiskal

Masriadi Martinus : Gubernur Harus Paham Kebijakan Fiskal

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Kemampuan fiskal daerah yang rendah, bahkan ada yang sangat rendah, perlu sentuhan seorang gubernur yang mengerti dengan manajemen keuangan daerah. Sehingga masalah fiskal yang rendah itu bisa diatasi.

Demikian disampaikan Mantan Bupati Tanah Datar Masriadi Martunus, menyikapi calon gubernur, bupati/walikota, ke depan, di Padang, Kamis (18/7/2019).

Persoalan fiskal, lanjutnya, menyangkut pengeluaran daerah yang harus seimbang dengan penerimaan, supaya tidak terjadi defisit anggaran. Lainnya, seperti pengendalian inflasi di daerah, sehingga tidak terjadi gejolak ekonomi yang membebani masyarakat.

“Untuk itu Gubernur Sumbar ke depan diharapkan orang yang mengerti dengan kebijakan fiskal, sehingga Sumbar yang kemampuan keuangannya terbatas, bisa terus membangun dan mengatasi setiap gejolak ekonomi yang ada,” ujarnya.

Tugas gubernur, atau bupati dan walikota, yang tak kalah penting lainnya adalah meramu sosial kapital yang telah mulai hilang. Yakni, bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat, dan pemangku kepentingan, bersama-sama bergotong-royong, bahu membahu untuk membangun daerah.

“Persoalan sosial kapital ini, perlu sentuhan seorang gubermur yang mampu meramu nilai-nilai yang selama ini tumbuh di tengah-tengah masyarakat. Kemudian diberdayakan, bergerak bersama membangun daerah,” imbuhnya.

Masriadi yang memimpin Kabupaten Tanah Datar dari tahun 2000 – 2005 itu, melihat Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek merupakan sosok yang cocok menjadi Gubernur Sumbar ke depan. Kenapa? “Keahliannya adalah mengenai kebijakan fiskal, dan menguasai ilmu pemerintahan, luar dalam,” pungkasnya.

Reydonnyzar Moenek memang salah satu yang digadang-gadang menjadi Gubernur Sumbar ke depan. Putera daerah Lintau Kabupaten Tanah Datar itu mendapat banyak dukungan dari banyak pihak, karena kapasitas dan integritas mantan Penjabat Gubernur Sumbar itu, mumpuni.

“Kalau Sumbar ingin maju, dan mampu berbicara di tingkat nasional, maka Donny Moenek adalah pilihan yang tepat untuk memimpin Sumbar ke depan. Di samping mengerti dengan manajemen keuangan daerah dan tata pemerintahan, lobinya juga kuat ke pusat,” pungkas Masriadi. (Rel)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi Amiruddin Bagus usai mencetak gol

Tertinggal Terlebih Dulu, Timnas U-18 Berhasil Tahan Malaysia

SPIRITSUMBAR.com, Vietnam – Tim Nasional (Timnas) U-18 Indonesia untuk sementara bermain imbang 1-1 dengan Malaysia ...