Beranda - Berita Pilihan - Malakutan Kembali Rendam Dua Desa
Banjir karena meluapnya Batang Melakutan
Banjir karena meluapnya Batang Melakutan

Malakutan Kembali Rendam Dua Desa

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Sawahlunto – Selain menurunkan personil dari Tim Reaksi Cepat (TRC), Tagana dan Satpol PP yang juga dibantu oleh Kepolisian dan TNI dalam menanggulangi bencana banjir dan longsor di beberapa desa, Pemko Sawahlunto juga memberikan bantuan berupa terpal dan paket sembako kepada keluarga yang tertimpa bencana.

Bantuan sembako tersebut diserahkan saat Walikota Deri Asta dan Wakilnya Zohirin Sayuti meninjau kawasan yang terdampak bencana. Banjir yang merendam beberapa rumah di Desa Kolok Nan Tuo dan Desa Talago Gunung tersebut terjadi pada sabtu malam (26/10/2019) usai hujan lebat pada pukul 23.00 hingga pukul 01.00 malam.

Dari keterangan Kepala Kesbangpol PBD Adriyusman, hujan lebat yang turun selama 3 jam tersebut menyebabkan Batang Malakutan meluap. Akibat bencana ini sawah warga terendam, 4 rumah di Desa Talago Gunung dan 4 rumah di Desa Kolok nan tuo rusak. 3 Ekor sapi dilapirkan hilang, 4 ekor sapi ditemukan mati dan 7 kambing hilang. Diperkirakan bencana ini menimbulkan kerugian materil sekitar 500 juta rupiah.



Selain banjir, hujan lebat juga berdampak longsir di beberapa titik longsor sehingga 3 rumah warga di Desa Lumindai rusak berat dan 3 rusak ringan juga di Desa Pasar Kubang.

Saat mengunjungi lokasi bencana, Deri Asta mengatakan banjir ini adalah banjir 3 tahunan. Untuk mengantisipasi banjir agar tidak semakin parah dari tahun ke tahun, ia meminta masyarakat untuk memperbanyak menanam pohon, menjaga hutan dan tidak menebangi pohon terutama di perbukitan.(rni)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

13 Rumah Dihantam Longsor di Tanjung Sani

SpiritSumbar com, Agam – Sedikitnya 13 unit rumah rusak akibat hujan deras dan tanah longsor ...