Beranda - Berita Pilihan - Ma’had Aly Serambi Mekah, PT Ke-6 di Padang Panjang
Ma’had Aly, Perguruan Tinggi Islam di Pesantren Terpadu Serambi Mekah (foto yet)
Ma’had Aly, Perguruan Tinggi Islam di Pesantren Terpadu Serambi Mekah (foto yet)

Ma’had Aly Serambi Mekah, PT Ke-6 di Padang Panjang

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Kekurangan jumlah perguruan tinggi di Padang Panjang dalam menunjang perannya sebagai kota tujuan layanan pendidikan kini mengalami sedikit perkembangan. Itu ditandai hadirnya Ma’had Aly, perguruan tinggi Islam (PTI) di Pesantren Terpadu Serambi Mekah (PTSM) kota tersebut pada 2018 ini.

Dengan kehadiran Ma’had Aly di PTSM itu, kini di Padang Panjang terdapat 6 perguruan tinggi (PT). Rinciannya, satu PT negeri yakni Institut Seni Indonesia (ISI). Lima lagi PT swasta, terdiri STIT Diniyah Putri, FKIP Muhammadiyah, STAI Imam Bonjol, Akper Nabila, Akbid Imam Bonjol dan terbaru Ma’had Aly Serambi Mekah di PTSM.

Jumlah PT tadi, seperti kerap muncul dalam seminar/diskusi terkait di kota ini, belum seimbang dengan jumlah SMTA yang ada. Sebab di Padang Panjang terdapat sekitar 20 buah SMTA umum/agama. Itu belum termasuk 7 bh SMTA di 4 kecamatan hinterlandnya di Batipuh, X Koto Kabupaten Tanahdatar, dan Kayutanam Kab. Padangpariaman.

Terkait kehadiran Ma’had Aly di Pesantren Serambi Mekah, tahun pertama PTI ini menurut Ketuanya, Ade Sehabudin, SH, sudah menerima Mahasiswa baru 22 orang atau satu lokal. Belum banyak memang, katanya. Sebab, selain sesuai daya tampung, juga karena prioritas utama program adalah mewujudkan mutu PBM dan out put nya.

Jurusan yang dibuka pada tahap awal ini adalah Ushul Fiqhi. Jumlah staf pengajar (dosen) sebanyak 10 orang. Sedang gedung perkuliahan sementara ini memanfaatkan sebagian ruang kelas pada gedung bertingkat Pesantren Serambi Mekah di Jalan protokol M.Yamin, Kelurahan Ngalau, wilayah timur dari kota pelajar tertua di Sumatera itu.

Manajemen Ma’had Aly Serambi Mekah ini menurut Ade Sehabudin, berada di bawah Yayasan Pendidikan Bahar Yusuf yang kini dipimpin oleh Hj.Anita Bahar, SE. Pendirian PTI itu sejalan cita-cita pendiri pesantren ini, H.Bahar Yusuf Dt.Rajo Bukik, yakni terwujudnya jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi.

Hadirnya Ma’had Aly itu ikut dapat support dari Buya Guslizar Gazahar, Ketua MUI Sumbar. Sebab, selain menunjang PTSM, juga Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekah dan kota pelajar. Support itu disampaikan Guslizar saat meninjau PTI tersebut atas ajakan Ade di sela-sela kegiatan Muzakarah Ulama Sumbar di Padang Panjang, pekan lalu.

Sekarang, Pesantren Terpadu Serambi Mekah, Padang Panjang, seperti disebut oleh Pimpinan Pondok perguruan itu, H.Elfiedi Khatib Tenggi kepada The Publik terpisah, memiliki jenjang pendidikan SMP, SMA dan MA Jurusan Agama, berikut yang terbaru Ma’had Aly dengan jurusan perdananya Ushul Fiqhi.

Catatan The Publik (Grup Spirit Sumbar) Pesantren PTSM diresmikan berdiri pada 1997 oleh Walikota Padang Panjang, Loekman Gindo. Ini sekolah kedua yang berdiri di era Wako Loekman (1993-1998), setelah SMA Negeri-2. Di era ini pula SMA Negeri (SMAN-1 Padang Panjang di Gugukmalintang kini) lolos jadi program SMA Unggul Sumbar.

Terkait perkembangan Pesantren Serambi Mekah dengan sejumlah gedung bertingkatnya di tepi jalan raya Padang/Bukittinggi – Solok itu, salah satu yang menarik adalah alumni MA Jurusan Agamanya. Karena alumninya cukup banyak yang berhasil melanjutkan pendidikan ke Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.(yet).–

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...