Beranda - Pendidikan - Apresiasi - MA-KM Kauman Raih Adiwiyata
Ini potret penghijauan di teras depan MA-KM Kauman - Yehani/Spirit Sumbar
Ini potret penghijauan di teras depan MA-KM Kauman - Yehani/Spirit Sumbar

MA-KM Kauman Raih Adiwiyata

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Inovasi dan Kresi telah mengantarkan MA-KM Kauman Padang Panjang meraih nilai tertinggi penilaian Adiwiyata antar seluruh sekolah di kota ini.

Atas prestasi itu, sekolah ini selain berhak mewakili Padang Panjang ke penilaian Adiwiyata Provinsi Sumatera Barat- 2016, juga mendapat beberapa hadiah lain.

Hadiah lain yang diterima dari Kantor Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang, Kamis (7/1) adalah tropi, piagam dan uang pembinaan Rp 2 juta. Kecuali itu, prestasi tadi juga bukti dari peningkatan kinerja MA-KM Kauman di segi K-3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan) serta pemamfaatan sampah untuk produk bermamfaat.

Sebab, sebelumnya menurut keterangan Kepala Sekolah MA-KM Kauman, Derliana didampingi Wakepsek Surya Bunawan, dan guru penanggungjawab program Adiwiyata, Irna Duski, sekolah ini meraih Juara-III lomba K-3 di tingkat Kecamatan Padang Panjang Timur, terus Juara-III lomba K-3 di tingkat Kota Padang Panjang.

Ke depan terkait upaya peningkatan K-3 — sebagai bagian penilaian dari Adiwiyata itu – menurut Kepsek Derliana ,sekolah ini menyiapkan program inovasi tambahan, yang mereka istilahkan dengan program operasi semut.

Pada operasi semut itu, tiap hari di sekolah, kecuali hari libur, akan ada pemakaian waktu tiga menit untuk kegiatan K-3. Dalam tiga menit itu musik tertentu akan dibunyikan, lalu tiap siswa, guru dan karyawan di MA-KM Kauman harus menghentikan kegiatannya. Terus mengambil sampah, merapikan meja, kursi, alat tulis yang patut dirapikan di dekatnya.

Keberhasilan MA-KM Kauman meraih nilai tertinggi Adiwiyata di Padang Panjang itu sebuah fakta menarik. Ini terutama di segi upaya mewujudkan lingkungan yang hijau, karena sekolah ini tidak punya lahan. Arial di depan gedung MA-KM merupakan halaman dan lapangan bola voli milik bersama Perguruan Muhammadiyah, Kauman.

Lantaran ketiadaan lahan itu, MA-KM Kauman selama ini memamfaatkan teras depan dari gedung 1 lantai madrasah tersebut untuk bertanam tanaman hias. Caranya dengan menanam tanaman hias pada pot-pot bunga yang diletakan di tepi kiri-kanan teras tersebut. Berikut, di bagian lokasi tertentu terdapat tanaman hias pola vertikal garden.

YEHANI

Download : Buku 2 Pedoman PK Guru.

Klik kami di halaman facebook (fb): Spirit Sumbar

Video kami di Youtube : Situs Berita

Halaman G+: Situs Berita

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dalam Satu Malam, Dua Pengedar Narkoba Diciduk Polres Dharmasraya

SPIRITSUMBAR.com, Dharmasraya – Dalam satu malam anggota Satuan Resnarkoba Polres Dharmasraya, mengamankan dua orang yang ...