Selasa , 17 September 2019
Beranda - Headline - LPMP Sumbar Gelar Pekan Pendidikan dan Kebudayaan

LPMP Sumbar Gelar Pekan Pendidikan dan Kebudayaan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2019 nanti. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan mulai dari tanggal 25 s/d 29 April 2019 bertempat di pelataran parkir LPMP Sumbar.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama LPMP Sumbar dengan Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat, IKAPI, BPCB, Balai Bahasa, BPNB, BP Paud Dikmas dan Dinas Pendidikan Kota Padang.

Kepala LPMP Sumatera Barat Dr. Ir. Moh. Sofian Asmirza, S.M.Sc selaku ketua pelaksana menyampaikan, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah, Pertama, memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa. Kedua, mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan KI Hajar Dewantara, Engku M.Syafei, dan tokoh-tokoh pendidikan lainnya yang telah meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa.

Ketiga, meningkatkan rasa nasionalisme dikalangan insan pendidikan. Keempat, menyelamatkan generasi muda Indonesia dengan cara meningkatkan mutu pendidikan.

Pekan Pendidikan dan Kebudayaan ini ditujukan untuk semua insan pendidikan antara lain pemangku kepentingan, PNS Kemendikbud, Dinas Pendidikan, Satker Kemendikbud di daerah, guru dan siswa jenjang TK,SD, SMP, SMA dan SMK se Sumatera Barat.

Pada kegiatan ini, LPMP Sumatera Barat melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan acara seperti Bazar Buku, Pameran Pendidikan, Lomba menari, Lomba membaca puisi, Lomba Pakaian Tradisional jenjang SMP dan SMK, Lomba Media Pembelajaran (Diorama) bagi guru SD, Pemutaran Film, Pojok Literasi, Pelatihan Menulis Buku, Lomba Mewarnai. Untuk kegiatan pelatihan menulis buku , LPMP Sumbar bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. Dalam arahannya disampaikan, ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini, termasuk Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Kerjasama dan sinergi yang sangat harmonis ini perlu dikembangkan menjadi harmoni pendidikan bersama masyarakat. Pekan Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, memajukan kebudayaan”.

Hari Pendidikan harus kita jadikan momentum sebagai hari kesadaran tentang arti pentingnya pendidikan yang mempersiapkan mutu pendidikan sehingga menghasilkan kualitas manusia yang mampu bersaing dalam berbagai kompetisi global. Kualitas manusia pembelajar yang tercerahkan sehingga siap memasuki revolusi tehnologi.

Turut memeriahkan kegiatan Uda dan Uni Duta Bahasa Sumatera Barat, MAN.2 Padang, Beserta SMKN.7 Padang. Acara pembukaan diakhiri dengan kunjungan Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan ke stand-stand peserta yang ikut kegiatan pameran. (Feri Fren)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PKKS, Siapa Takut

SPIRITSUMBAR.com, Padang Panjang – Menindaklanjuti dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 tahun 2018 ...