Beranda - Headline - Lirikan Bule di Latihan Sarai Sarumpun

Lirikan Bule di Latihan Sarai Sarumpun

Print Friendly, PDF & Email




Spirit Sumbar – Sarai Sarumpun adalah salah satu perguruan silat tradisi Minangkabau. Saat ini, juga telah membukan sasaran di Masjid Al Quwait Perum Mitra Utama 2 Banuaran, Kota Padang, Sumatera Barat.

Selain untuk meningkatkan ketahanan fisik dan bela diri, keberadaan Perguruan Silat Sarai Sarumpun juga untuk mempertahankan budaya Minangkabau yang makin tergerus oleh budaya asing. 

Para murid Sarai Sarumpun tidak hanya dididik untuk latihan fisik, tapi juga mental dan spritual. Oleh sebab, para murid diwajibkan untuk shalat berjama’ah, minimal Maghrib dan Isya di Masjid.

Selain itu, para murid harus mampu menghormati antar sesama dan saling bertegur sapa dengan mengucapkan salam sambil bersalaman. Pepatah Minangkabau, “nan tuo dihormati, nan ketek diharagoi dan samo gadang lawan baiyo,” harus diimplementasikan dalam kehidupan.

SARIBULIH

Baca juga: Sarai Sarumpun Kembalikan Tradisi Minangkabau

 

Berita lebih lengkap, di:

The Public Edisi 13/29 Februari – 6 Februari 2016

(Terbit tiap Senin)

The Public Edisi 13 hal 24/ 29 Februari - 6 Maret 2016
The Public Edisi 13 hal 24/ 29 Februari – 6 Maret 2016

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Satu Lagi Universitas Lahir di Padang

Spiritsumbar.com, Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyambut baik kehadiran Universitas Perintis Indonesia (Upertis) dalam ...