Beranda - Pendidikan - Apresiasi - Limapuluh Kota Kembali Gelar Diklat Cakepsek

Limapuluh Kota Kembali Gelar Diklat Cakepsek

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Limapuluh Kota – Dalam rangka memenuhi kebutuhan jumlah kepala sekolah di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) calon kepala sekolah.

Menurut laporan Kepala Bidang GTK Retyanda, S.Pd.I jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 73 orang.  Terdiri dari 14 orang untuk calon kepala sekolah SMP dan 59 orang calon kepala SD.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Limapuluh kota.



Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Fasilitasi Penjaminan Mutu Pendidikan (FPMP) Drs. Derismen.

Artikel Lainnya

loading…


Dalam sambutannya disampaikan, untuk menjadi kepala sekolah saat ini haruslah berasal dari guru yang profesional, agar pengelolaan sekolah bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

Lebih lanjut disampaikan, sesuai dengan Permendiknas Nomor 15 Tahun 2015, ada tiga hal yang harus dipahami oleh seorang calon kepala sekolah tentang tugas kepala sekolah. Ketiga hal tersebut adalah dalam bidang manajerial, kewirausahaan, dan supervisi.

Seorang kepala sekolah harus mahir dalam bidang manajerial, mengelola delapan Standard Nasional Pendidikan (SNP), menjadi pemimpin di sekolahnya.

Seorang kepala sekolah harus bisa menggunakan manajemen memandikan kuda dalam mengelola pendidikan. Demikian juga halnya dalam bidang informasi teknologi. Di era revolusi industri 4.0 saat ini, seorang kepala sekolah harus bisa menggunakan sistem informasi manajemen dalam pengelolaan sekolah.

Dalam bidang kewirausahaan, seorang kepala sekolah dituntut harus kreatif. Kepala sekolah yang kreatif, harus bisa berfikir sungsang. Artinya mampu melihat keadaan yang berbeda dari apa yang dilihat oleh orang lain. Bisa mengerjakan apa yang tidak bisa dikerjakan oleh orang lain.

Demikian juga dalam hal supervisi, salah satu bagian supervisi seorang kepala sekolah harus melihat guru mengajar. anak-anak pada pendidikan dasar yang paling esensial adalah guru harus membawa media pembelajaran ke dalam kelas. Karena peserta didik akan belajar dari yang kongkrit ke yang abstrak.

Selanjutnya disampaikan, seorang kepala sekolah harus bisa Tiga Au. Bisa ka surau (Memahami nilai-nilai keagamaan), bisa bagurau (dalam memimpin diperlukan senda gurau), bisa kalapau (pandai bergaul).
Acara Diklat Calon Kepala sekolah dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati, S.Pd.M.M.Pd. Kepala dinas sebelum membuka kegiatan berpesan, bagi peserta Diklat jangan katakan kata tidak yakni, tidak pernah menyerah, tidak pernah rendah diri, dan tidak menyalahkan.

Diakhir arahannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota membacakan dua buah pantun.

Dari payokumbuah ka Bukik Tinggi, di Hotel Pusako kito bajanji. Tarimo kasih pak sekretaris, kabid dan kasi. Atas terselenggaranya diklat ini. Nak duo pantun sairiang, peserta diklat selalu pede, akan mengikuti dengan sempurna. Terima kasih juga kepada LPMP, MT membimbing dengan gembira.

Sebagai Master Trainer (MT) dalam kegiatan ini LPMP Sumatera Barat menurunkan lima orang Widyaiswara yakni Feri Fren, Taufik, Delviati, Momon Fikri, Yenita Irawati dan satu orang pengawas Jontar Nababan dari Kab.Lima Puluh Kota.



Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 23 sampai 29 September 2019 bertempat di Hotel Pusako Bukittinggi.(Feri Fren)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Donny Moenek : Pemekaran Harus Untuk Kesejahteraan Masyarakat

SpiritSumbar.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dr. Drs. Reydonnyzar Moenek, M.Devt.M yang akrab disapa Donny ...