Beranda - Headline - Lima Anggota DPRD Sumbar ke Tanah Suci
Pelepasan Anggota DPRD Sumbar yang naik haji
Pelepasan Anggota DPRD Sumbar yang naik haji

Lima Anggota DPRD Sumbar ke Tanah Suci

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Sebanyak 5 Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menunaikan ibadah haji. Kelima anggota dewan tersebut bertugas sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Sumbar. Mereka adalah Wakil Ketua DPRD, Darmawi dan anggota dewan, Yuliarman, Risnaldi, Rahmat Saleh dan Zalman Zaunit.

Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim saat pelepasan keberangkatan kelima Anggota DPRD Sumbar tersebut berharap para wakil mampu menjalankan fungsinya secara maksimal.

“Selain naik haji, bagi yang berangkat diharapkan mampu menjalankan fungsi pengawasan di tanah suci. Terkhusus bagi pimpinan juga diharapkan mengunjungi hotel jamaah,” ujarnya saat pelepasan di Gedung DPRD Sumbar, Jumat (13/7/2018).



Hendra Irwan Rahim juga berharap sebagai tim anggota dewan ini juga melakukan penilaian, pengawasan, dan evaluasi terhadap penyelenggaraan haji. “Tugas mesti dijalankan disamping melaksanakan ibadah. Penilaian mesti diberikan pada pelaksanan ibadah haji terutama yang berangkat dari Sumbar,” katanya.

Artikel Lainnya

loading…


Disebutkan Hendra Irwan Rahim, tim ini akan memberikan masukan pada penyelenggaran haji di Sumbar. Apa persoalan yang terjadi ketika melaksanakan ibadah haji, atau keluhan dari jamaah lain. Tentunya masukan ini sangat penting dalam memperbaiki pelaksanaan haji berikutnya.

“Hal seperti ini telah dilakukan dari tahun-tahun sebelumnya sehingga terjadi perubahan kearah lebih baik. Saya yakin tugas yang diemban tim ini bisa dilaksanakan dengan baik,” ujar Hendra.

Hendra mengharapkan, Tim ini harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sebagai salah satu tim pemandu, TPHD memiliki tugas yang tidak kalah pentingnya dari tim pemandu haji yang lain. Bahwa TPHD harus difungsikan secara maksimal. Karenanya TPHD harus dibekali manasik hingga betul-betul menguasai.

“Jangan sampai tim pemandu malah dipandu atau malah minta dilayani. TPHD memiliki tanggungjawab yang sama dengan tim pemandu lain,” ungkap Hendra.

Menurut Hendra, jika TPHD tidak berfungsi maksimal maka akan bisa mengganggu layanan masyarakat. Terlebih jika TPHD malah menjadi beban bagi petugas lain atau malah merepotkan jamaah. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan para jamaah haji dalam menjalankan ibadahnya.

Seharusnya TPHD bisa melayani jamaah sehingga bisa melaksanakan ibadah haji secara maksimal. Untuk itu, secara langsung memberikan bimbingan manasik kepada mereka. “Kita harapkan kawan-kawan yang mendapatkan amanat ini bisa menjalankan dengan baik,” katanya.

Acara pelepasan ini juga diisi dengan tausiyah oleh Muslim M. Yatim dan pemberian cendramata dari DPRD Sumbar kepada Anggota DPRD yang berangkat menunaikan ibadah haji. Dalam tausiyahnya, Muslim menegaskan agar para calon haji memiliki komitmen dalam menjalankan ibadah.

“Syetan telah mendeklarasikan diri pada Allah untuk selalu mengganggu manusia. Hanya dengan ketegasan, syetan tidak akan berfikir untuk merayu,” ujarnya dengan gaya kocak. (Salih)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Esteban Vizcarra saat berkostum Semen Padang FC

Jelang Hadapi Hongkong, Bima Sakti Pulangkan Esteban Vizcarra

Spiritsumbar.com – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti memulangkan Esteban Vizcarra dan Rezaldi Hehanussa jelang ...