Minggu , 23 September 2018
Beranda - Pariwisata - Destinasi - Libur Lebaran, Kawasan Wisata Bebas Pungli
Nurcahyo saat mengunjungi Pantai Air Manis dengan latar belakang keindahan Pantai Padang
Nurcahyo saat mengunjungi Pantai Air Manis dengan latar belakang keindahan Pantai Padang

Libur Lebaran, Kawasan Wisata Bebas Pungli

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Seluruh kawasan wisata di Kota Padang ditargetkan bebas dari pungutan liar (pungli) pada libur lebaran 2018. Untuk itu, Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Padang menggalakan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat yang berada di kawasan tersebut.

“Ini merupakan salah satu upaya pencegahan pungli yang kita lakukan, terutama di kawasan wisata,” ujar Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kota Padang AKBP Kobul Syahrin Ritonga usai melakukan sosialisasi di kawasan wisata Pantai Aie Manih, Minggu sore (3/6/2018).

 

Lebih lanjut dijelaskan, setiap pungutan yang dilakukan oleh petugas atau masyarakat harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Yang namanya pungutan resmi itu punya bukti atau tanda terima,“ ujar Wakapolresta Padang tersebut.

Dengan demikian, Tim Saber Pungli Kota Padang mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pungutan-pungutan, apalagi pungutan dengan ancaman atau paksaan, terutama kepada pengunjung di tempat-tempat wisata.“Jika menjadi korban pungli atau melihat tindakan pungli segera laporkan via SMS/WA ke 08117180117,” ungkap Kobul.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi mengatakan, untuk kawasan wisata Pantai Aie Manih, Pemko Padang telah menyediakan tempat parkir gratis disekitar Mushalla Yusuf yang berada di objek Wisata Pantai Aie Manih.

Dengan demikian, pengunjung Pantai Aie Manih yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua tidak dibenarkan lagi memasuki kawasan pantai menggunakan kendaraannya.

Dan untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung kawasan wisata di Kota Padang selama libur lebaran 2018, Pemko Padang telah menyiapkan petugas dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk melibatkan Tim Saber Pungli yang berasal dari unsur Forkopimda dan Pemko Padang. (Salih)

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Minat Penentu Kesuksesan

Oleh: Yoan Valenza (Siswa SMAN.1 Pulau Punjung ) Menurut hasil penelitian psikologi menunjukkan bahwa kurangnya ...