Kamis , 19 September 2019
Beranda - Pariwisata - Budaya - Langkah Tegap Kapolda Sumbar pada Subuh Mubarakah

Langkah Tegap Kapolda Sumbar pada Subuh Mubarakah

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Kepala Polisi Daerah Sumatera Barat (Kapolda Sumbar) Irjen Pol Fakhrizal shalat Subuh berjamaah di Masjid Taqwa Lolong, Kamis (12/9/2019).

Kehadiran orang nomor satu di jajaran kepolisian Sumbar itu dimanfaatkan oleh jamaah untuk bersilaturahmi dan bertukar pikiran. Malahan, para kaum ibu langsung menyediakan sarapan. “Kita sengaja mencari sarapan, agar Pak Kapolda betah dan berlama lama bersama para pengurus dan jamaah masjid,” ujar salah seorang jamaah perempuan.

Kapolda datang didampingi Dirbinmas Polda Sumbar dan Kapolsek Padang Utara.“Walaupun beliau berpesan agar pengurus masjid tidak usah repot-repot. Tapi ibu-ibu tetap menyediakan sarapan sederhana berupa bubur kacang hijau dan roti. Cukup lama Kapolda beramah tamah dengan jamaah, dan selama itu pula senyuman menghiasi wajah beliau dan wajah jamaah,” ujar Patra Rina Dewi, yang ikut shalat Subuh pagi itu bersama Kapolda seperti dikutip di laman fesbuknya dan dilansir forum Sumbar.




Satu hal yang menjadi catatan oleh jamaah masjid Taqwa Lolong Belanti, ungkap aktivis Komunitas Siaga Tsunami (Kogami) itu, bahwa sang Jenderal sangat menghargai orang lain tanpa memandang status dan jabatan.

Artikel Lainnya

loading…


“Buat saya sendiri, beliau sosok senior, kakak angkatan di SMAN 2 Padang yang sangat ramah, dermawan dan rendah hati,” tukuknya.

Sebelumnya, seperti disampaikan mantan Rektor Unand Prof Werry Darta Taifur di laman fesbuknya juga, di luar dugaannya pada hari Selasa (10/9/2019) lalu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, bersama rombongan melaksanakan shalat Subuh dan bersilaturahmi dengan jemaah Masjid Raya Andalas Kecamatan Padang Timur.

Menurut Werry, pengurus masjid pun terkejut dengan kedatangan orang nomor satu di Polda Sumbar itu yang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dan duduk seperti jemaah pada umumnya.

“Saya sendiri sampai di Masjid Raya Andalas agak terlambat dari biasa, sehingga sesampai di masjid sudah dekat waktu iqamah dan berdiri saja menunggu waktu iqamah. Waktu iqamah saya maju menuju shaf di depan karena kosong. Waktu saya sampai di shaf terdepan dan berdiri, jemaah sebelah saya berbisik kepada saya bahwa Pak Kapolda di sebelah,” ucap Werry yang memang kenal dengan Kapolda, dan tinggal di belakang masjid.

Setelah selesai shalat Subuh, ungkap Werry, pengurus Masjid Raya Andalas mempersilakan Kapolda untuk menyampaikan hal-hal penting yang perlu diketahui oleh jemaah.

“Pak Kapolda dengan senyum khasnya langsung berdiri dengan mengucapkan salam dan menyapa jamaah. Kemudian dilanjutkan dengan ucapan bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberi rahmat kesehatan, kesempatan dan kekuatan untuk melaksanakan salat Subuh dengan jamaah Masjid Raya Andalas,” sebutnya.

Selanjutnya Kapolda menyampaikan bahwa ia sudah lama melaksanakan shalat Subuh bersama jamaah masjid yang berbeda-beda dalam rangka bersilaturahmi dengan masyarakat dan melakukan ramah-tamah dengan jamaah setelah shalat Subuh.

Setelah itu, lanjut Werry, Kapolda menyampaikan situasi Kambtimas Sumbar yang masuk ketegori baik di Indonesia dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan jamaah yang telah memberi dukungan terhadap capaian kategori teraman di Indonesia itu.

“Pak Kapolda juga menyampaikan beberapa prinsip yang diterapkannya, termasuk prinsip kepada keluarga semenjak bertugas untuk memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya Polri di jajaran Polda Sumbar agar memberi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan menjamin ketertiban masyarakat serta menangkal berbagai hal, termasuk penyakit masyarakat yang akan merusak ketertiban, kenyamaan dan keamanan di Sumbar,” imbuh Komisaris PT Semen Padang itu. (Rel)


 

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Perkuat Kewenangan DPD RI Dengan Politik Hukum

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Kewenangan DPD RI dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dapat diperkuat dengan politik hukum, ...