Minggu , 18 November 2018
Beranda - Pariwisata - Event - Langkah Nyata Gaet Kunjungan Wisatawan ke Tanah Datar
Launching Festival Pesona Budaya Minangkabau

Langkah Nyata Gaet Kunjungan Wisatawan ke Tanah Datar

Print Friendly, PDF & Email

Wabup menambahkan, event ini direncanakan diikuti seluruh Kabupaten/kota se Sumbar, propinsi Riau dan bahkan dari Malaysia. “Festival Budaya Minangkabau akan dihiasi juga oleh pergelaran seni Melayu Riau dan Malaysia, serta pergelaran budaya dari Kabupaten/Kota di Sumbar. Dan event yang akan digelar pawai budaya Minangkabau, arakan jamba dan makan bajamba, pameran benda-benda pusaka, fashion show, pacu jawi dan alek anak nagari,” terangnya.

“Potensi Wisata Tanah Datar memang sangat banyak, namun belum bisa dikelola dengan baik dan optimal dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, namun kita tetap terus berusaha meningkatkannya dan tentu berharap juga bantuan dari Kementerian Pariwisata RI dan Propinsi Sumbar di tahun-tahun mendatang,” sampai Wabup Zuldafri..

Di kesempatan itu juga Wabup berharap kepada generasi muda Tanah Datar Luhak Nan Tuo untuk turut berperan aktif membangun sektor kepariwisataan, terutama wisata budaya Minangkabau. “Dengan turut membangkitkan wisata budaya, generasi muda kita akan paham dan mengerti budaya Minangkabau sesungguhnya yang bisa menjadi salah satu benteng dari hal-hal negatif yang bisa mempengaruhi mereka,” tukasnya.

Di kesempatan sebelumnya, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan promosi dan event yang dilaksanakan ini. “Masuk sebagai 100 event wonderful Indonesia 2018, tentu Festival Budaya Minangkabau diharapkan tidak bersifat seremonial belaka, namun harus mampu memberikan dampak nyata peningkatan kunjungan ke Tanah Datar,” ujarnya.

Anton berharap, berbagai potensi dimanfaatkan untuk promosi potensi wisata Tanah Datar. “Banyak sarana promosi yang bisa kita manfaatkan, seperti di videotron, papan iklan di Bandara Internasional Minangkabau ataupun di majalah dan tabloid maskapai penerbangan, dan Saya siap mendukung dana di DPRD, namun tentu juga harus melihat skala prioritas dulu,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum KKTD Luhak Nan Tuo Yuherman menyampaikan, para perantau sangat antusias dan bersemangat mendukung peningkatan kepariwisataan melalui event ini. “Saya bersama perangkat KKTD lainnya, telah mempublikasikan kepada perantau lainnya di Tanah Air akan pelaksanaan event ini, sehingga nantinya bisa meramaikan kampung halaman,” kata Yuherman.

Di kesempatan lainnya, Kadis Parpora Abdul Hakim selaku ketua pelaksana memaparkan, kegiatan festival merupakan kegiatan rutin dalam melestarikan budaya Minangkabau setiap tahunnya dan tahun ini menggelar 14 macam pergelaran. “Sengaja dilaksanakan launching di Anjungan Sumbar TMII Jakarta ini, agar wisatawan yang kunjungi TMII tahu ada event di Tanah Datar dan berkenan berkunjung nantinya ke daerah kita,” sampainya. (dvd)

Halaman Sebelumnya

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dr. Desmon, (tiga dari kanan) usai menerima piagam penghargaan PIM- 2 dari LAN (foto Ist)

Inovasi Smart Edu Antarkan Desmon Raih Ranking 3 Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Dr. Desmon, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, meraih Ranking-3 Diklat Kepemimpinan level ...