Beranda - Pariwisata - Event - Langkah Kehati Pertamina di Pantai Pariaman
Pertamina lakukan aksi Bersih Pantai Gandoriah
Pertamina lakukan aksi Bersih Pantai Gandoriah

Langkah Kehati Pertamina di Pantai Pariaman

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pariaman – Panas terik bukan penghalang bagi ratusan insan untuk menelusuri Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Pada Minggu (4/2/2018) siang itu, setiap langkah, mata mereka tertuju pada kondisi sekeliling. Satu demi satu sampah, yang memang siang itu memenuhi pantai, mereka ambil sambil memasukkan ke kantong. Mereka hadir untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup bersih.

Mereka adalah para pejabat Pertamina. Diantaranya, Senior Vice President HSSE Pertamina, Lelin Eprianto dan Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Minangkabau, Ridwan serta beberapa pejabat lainnya.

Sementara, dari Pemprov Sumbar hadir Wakil Gubernur, Nasrul Abit, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Siti Aisyah dan pejabat lainnya. Malahan, juga hadir Anggota Komisi VI DPR RI, Refrizal dan  Direktorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup, Karliansyah.

Sementara, dari Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman langsung dihadiri Walikota Mukhlis Rahman. Tak ketinggalan para lembaga swadaya masyarakat (LSM) peduli lingkungan serta para generasi tunas bangsa.

Mereka secara bersama melakukan aksi bersih pantai dalam kegiatan yang bertema Pertamina Peduli Lingkungan. Kegiatan ini digelar oleh PT Pertamina Marketing Operation Region I, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan.

Sebelum aksi bersih dimulai, Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman memberi apresiasi pada program CSR yang rutin dilakukan oleh Pertamina MOR I. “Sangat luar biasa dedikasi Pertamina terhadap kelestarian lingkungan hidup di Pariaman, terima kasih atas dukungannya untuk membuat lingkungan Pariaman menjadi lebih nyaman untuk dihuni”, ungkapnya.

Dia juga menceritakan dengan gamblang manfaat yang diperoleh Kota Pariaman terhadap aksi yang telah dilakukan Pertamina. Menurutnya, Pertamina telah banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat Pariaman. Untuk itu, dia meminta pada masyarakat dan lembaga peduli lingkungan Kota Pariaman untuk memelihara dan merawatnya dengan baik.

“Kesadaran masyarakat memang masih rendah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Mudah-mudahan langkah yang dilakukan Pertamina ini juga untuk menyadarkan masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan dan lingkungan,” ujarnya.

“Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk turut berperan serta dalam menjaga keseimbangan alam serta, melestarikan flora dan fauna langka maupun keberlangsungan Sehati di Wilayah Sumatera Barat dan berperan serta dalam menurunkan emisi, efek rumah kaca serta pemanasan global.” Ungkap Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Minangkabau, Ridwan.

Disisi lain, Ridwan juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini tentunya dapat menjadi nilai tambah bagi Pertamina MOR I dalam pencapaian nilai Proper terutama guna mendukung pencapaian Proper Emas dimasa mendatang.
“Terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Pertamina juga berkomitmen untuk terus melakukan pemeliharaan, monitoring dan evaluasi serta perawatan terhadap kecenderungan status sumber daya keanekaragaman Hayati dan sumber daya biologis yang dikelola.”tambahnya.

Selain bersih bersih pantai, juga dilakukan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan hidup diantaranya, pelepasan tukik (anak penyu), transplantasi terumbu karang, tinjau area tracking mangrove dan penanaman mangrov. Ini mereka lakukan, demi melestarikan keanekaragaman hayati (Kehati), khususnya di Pariaman (SALIH)

Berikutnya: Peduli Lingkungan, Wagub Sumbar : Pertamina Beri Yang Terbaik

[ 1 ]   [ 2 ]    [ 3 ]   Selanjutnya

 

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemkab Muara Enim belajar e-warung

Muara Enim Pelajari e-Warung Pemko Padang

SPIRITSUMBAR.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali menjadi acuan bagi pemerintah daerah di Indonesia. Kali ...