Beranda - Pariwisata - Hiburan - Kurenah Kito di Pro 1 RRI Bukittinggi
Kurenah Kito di Pro 1 RRI Bukittinggi
Kurenah Kito di Pro 1 RRI Bukittinggi

Kurenah Kito di Pro 1 RRI Bukittinggi

Print Friendly

PayakumbuhSpiritSumbar.com –  Payokumbuah makin semarak, ikannyo jinak aianyo janiah, Payokumbuah dan Muspidanyo kompak,Ndak ado karuah nan ndak ka janiah.

Itulah sepenggal pantun yang menggambarkan tata kelola pemerintahan di Kota Payakumbuh. Pantun tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Ir. Benni Warlis, SE, MM, dalam acara Dialog Interaktif “Kurenah Kito” Pro 1 RRI Bukittinggi, di halaman Balai Kota Payakumbuh, Rabu (22/3/2017) siang.

Acara dialog dengan tema “Tata Kelola Masyarakat dan Pemerintahan yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya” tersebut dipandu oleh penyiar senior Mak Lembang, menghadirkan narasumber, Sekdako Payakumbuh Ir. Benni Warlis, SE, MM, Kapolresta Payakumbuh diwakili Kasubag Hukum AKP Julianson, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh diwakili Kasi Pidsus Andhika Prima Sandi, SH, Inspektur Kota Payakumbuh Drs. Syahrial, Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh Elvi Jaya, ST dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Jhon Kenedi, S.Sos.

Dialog interaktif tersebut juga dihadiri oleh Kepala Pro 1 RRI Bukittinggi Samirwan, segenap Kru Kurenah Kito dan pegawai di lingkungan pemerintah Kota Payakumbuh.

Dalam acara yang berlangsung selama satu jam tersebut, Sekda Benni Warlis menyampaikan bahwa pemerintah Kota Payakumbuh memulai menata masyarakat  dengan membangun karakter jajaran pemerintah terlebih dahulu. Pembangunan karakter tersebut meliputi intelektual, emosional dan spiritual, menuju pribadi yang berbuat berdasarkan Adat Bersandi Syarak, Syarak Bersandi Kitabullah (ABS SBK).

“Penyelenggara pemerintah yang memiliki karakter ABS SBK, yang mendekatkan diri kepada Allah SWT, akan mampu mengendalikan diri dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, juga perbuatan yang merugikan Negara”, ungkap Sekda Benni.

Sekda Benni juga mengungkapakan bahwa dalam menata pemerintahan yang bersih dan terpercaya, pemerintah Kota Payakumbuh merangkul Kejaksaan Negeri Kota Payakumbuh dan Polresta Kota Payakumbuh dalam bentuk kerjasama dan koordinasi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kejaksaan Negeri Kota Payakumbuh. Melalui Kasi Pidsus Andika Prima Sandi, SH, dalam dialog yang berlangsung penuh keakraban tersebut, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kejasaan Negeri Payakumbuh telah menjalin kerja sama di bidang pendampingan dan pendapat hukum, yang dikukuhkan dengan telah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua instansi beberapa waktu yang lalu.

“Kejaksaan bukan hanya bertindak sebagai pengacara negara, tetapi kejaksaan juga memiliki kewenangan di bidang pidana, ketertiban umum, perdata dan tata usaha negara. Dengan begitu kejaksaan juga bisa berperan sebagai pendamping hukum bagi siapapun yang memerlukan pendampingan hukum”, ulas Kasi Pidsus Andika.

Pewarta : WBA
Editor : Saribulih

Artikel Spirit Sumbar Lainnya

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Penemuan Sosok Mayat Gegerkan Warga Timpeh

Spiritsumbar.com, Timpeh – Warga Jorong Pinang Makmur Kanagarian Tabek Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya, digegerkan dengan ada ...