Selasa , 25 Februari 2020
Beranda - Headline - KPU Sumbar Lakukan Terobosan, Gelar Diseminasi Riset Pemetaan Persepsi

KPU Sumbar Lakukan Terobosan, Gelar Diseminasi Riset Pemetaan Persepsi

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menggelar Diseminasi Riset Pemetaan Persepsi Atas Penyelenggaraan Sosialisasi dan Pendidikan pada Pemilu 2019 di Pangeran Beach, Ahad, 22 Desember 2019.

Anggota KPU Sumatera Barat, Gebril Daulay dalam paparannya mengatakan tingkat partisipasi pemilih Sumatera Barat (Sumbar) pada Pemilu 2019 mencapai 79 persen. Angka ini berhasil mengalahkan partisipasi nasional yang hanya 75 persen.

Dia mengaku tingginya partisipasi tidak terlepas dari banyak faktor. “Ini terlihat dari hasil Riset Pemetaan Persepsi Atas Penyelenggaraan Sosialisasi dan Pendidikan pada Pemilu 2019,” ujar Gebril yang pernah jadi staf ahli KPU Pusat ini.



Penyelenggaraan riset ujarnya sudah menjangkau sebagian besar pemilih atau 66 persen.
Menurutnya, ada tiga kegiatan sosialisasi yang banyak diikuti pemilih semua jenjang pendidikan dan umur.

“Sosialisasi dan Pendidikan pemilih masih didominasi oleh pamflet, baliho dan sejenisnya.
Selanjutnya melalui hiburan yang diikuti oleh kunjungan para calon atau relawan.

Pembanding, Dr. Eka Vidia, dari Universitas Negeri Padang menganggap riset yang dilakukan KPU telah memenuhi syarat dan merupakan suatu terobosan. Dia menegaskan sudah saatnya, KPU Sumbar berbasis riset, litbang dan kolaborasi. (Salih)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Anggaran Kecil, Komite II DPD RI : Program Kerja Kementan Harus Didukung

Anggaran Kecil, Komite II DPD RI : Program Kerja Kementan Harus Didukung JAKARTA-Komite II DPD ...