Beranda - Berita Pilihan - KPU Sawahluto : Jumlah Pemilih Pilgub Lebih Kecil Dibanding Pilpres

KPU Sawahluto : Jumlah Pemilih Pilgub Lebih Kecil Dibanding Pilpres

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar nomor urut 1. Muslim Kasim-Fauzi Bahar serta pasangan calon nomor urut 2. Irwan Prayitno-Nasrul Abit akan memperebutkan sekitar 43 ribu suara di kota Sawahlunto.
note 5
Bila dibandingkan dengan Pemilu Presiden beberapa waktu lalu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di kota Sawahlunto pada pemilihan Gubernur ini jumlahnya menurun. Pada Pilpres lalu Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 45.051 pemilih, namun pada Pilgub yang akan berlangsung 9 Desember mendatang DPT tercatat 43.286 pemilih.

Menurut Afdhal, Ketua KPU Sawahlunto dalam jumpa pers di kantor KPU, penurunan jumlah pemilih ini lebih disebabkan pada perubahan acuan data, dimana saat ini rekapitulasi DPT mengacu ada data kependudukan yang valid dengan e-KTP.

Namun dari total DPT tersebut terdapat pemilih pemula yang sebagiannya belum memiliki e-KTP, yaitu dari kalangan pelajar. Meski belum memiliki KTP, namun kami tetap memasukan ke DPT jika pada 9 Desember nanti usianya telah mencapai 17 tahun. Pemilih pemula dengan total jumlah 1.342 pemilih ini juga berasal dari kalangan TNI yang memasuki masa pension.

Selain membeberkan jumlah Daftar Pemilih Tetap , dalam keterangan pers tersebut Ketua KPU yang didampingi oleh anggota komisionernya Zawir Husaini, Indra Yosef, Akhaswita dan Desy Fardilla juga membeberkan jumlah Daftar Pemilih Tetap tambahan atau DPT B.1 yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 22 laki-laki dan 16 perempuan, sehingga total pemilik hak suara adalah 43.286 pemilih.

Dari keterangan Zawir Husaini, KPU Pusat menargetkan pemilihan Gubernur Sumbar akan melibatkan partisipasi 75 % pemilih.

ERNI

belajar komputer

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Tim Ramadhan Serahkan Bantuan untuk 75 Masjid dan Musholla

SPIRITSUMBAR.com – Sebanyak 25 Tim Ramadhan Kota Sawahlunto mulai bergerak mengunjungi 75 masjid dan mushola ...