Beranda - Headline - KPU Payakumbuh Tetapkan Pasangan Kepala Daerah Terpilih
Ketua KPU Payakumbuh Muhammad Khadafi menandatangai hasil rapat pleno
Ketua KPU Payakumbuh Muhammad Khadafi menandatangai hasil rapat pleno

KPU Payakumbuh Tetapkan Pasangan Kepala Daerah Terpilih

Print Friendly, PDF & Email

PayakumbuhSpiritSumbar.com – Berakhir sudah proses dan tahapan Pilkada Walikota/Wakil Wali Kota Payakumbuh. Hal ini diawali dengan  ditolaknya gugatan Paslon Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri oleh Mahkamah Kostitusi (MK).

Akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh,mengelar rapat pleno terbuka penetapan  peraih suara terbanyak, yakni Paslon Riza Falepi-Erwin Yunas sebagai walikota dan wakil  walikota Payakumbuh priode 2017-2022.

Penetapan pasangan terpilih tersebut berlangsung  di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Payakumbuh, Rabu ( 5/3/2017) sore. Rapat pleno  tersebut dipimpin Ketua KPU Muhammad Khadafi, didampingi  semua komisioner.

Pasangan Calon (Paslon), Riza Falepi – Erwin Yunas dengan nomor  urut dua itu berdasarkan keputusan KPU Payakumbuh Nomor 18/Kpts/KPU-Kota-003.435146/2017 ditetapkan sebagai  pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam pilkada 2017.

Khadafi menyebutkan penetapan pasangan terpilih dilakukan  setelah keluarnya Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 27/PHP.KOT-XV/2017 yang menyatakan, permohonan Pasangan Suwandel Muchtar dan Fitrial Bachri terkait sengketa hasil pilkada tidak dapat diterima.

Sebelumnya dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pada tanggal 23 Februari 2017, KPU Payakumbuh menetapkan Riza Falepi dan Erwin Yunaz sebagai pasangan yang memperoleh suara terbanyak pada pilkada 2017.

Dari total 57.178 suara yang sah, pasangan Riza dan Erwin meraih 24.946 suara atau 43,62 persen. Sedangkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi mendapatkan 11.058 suara atau 19,33 persen dan pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri memperoleh 21.174 suara dengan persentase 37,03 persen.

Akan tetapi Pasangan Nomor Urut tiga, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri menggugat perolehan suara yang telah ditetapkan penyelenggara pilkada ke Mahkamah Konstitusi, sehingganya penetapan pasangan terpilih ditunda hingga keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi.

Rapat peleno penetapan paslon terpilih ini dihadiri unsur Muspida Payakumbuh, pertain pengusung, yakni PKS,PKB, PBB, fan PPP.Yang terakhir ini merupakan partai pendukung,Rapat pleno ini berjalan lancar sesuai dengan yang diperkirakan sejak semula.

Pewarta : WBA
Editor : Saribulih

loading…


Artikel Spirit Sumbar Lainnya

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 versus Qatar di penyisihan Grup A

Timnas U-19 Dihajar Qatar, Ini Kata Indra Sjafri

Spiritsumbar.com – Tim Nasional Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Qatar dengan skor 5-6 pada laga ...