Beranda - Berita Pilihan - KPN Pemkab Agam Umrahkan Anggota
KPN Pemkab Agam Gelar RAT Tutub Buku 2015 - foto: Irman Naim/Spirit Sumbar
KPN Pemkab Agam Gelar RAT Tutub Buku 2015 - foto: Irman Naim/Spirit Sumbar

KPN Pemkab Agam Umrahkan Anggota

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Pemerintah Kabupaten Agam, menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku 2015 di aula Stikes Ceria Buana, Lubuk Basung, Rabu (24/2/2016).

RAT ini dihadiri oleh pengurus dan pengawas KPN serta anggota. Pada kesempatan itu, Pengurus KPN Kabupaten Agam, Hadi Suryadi, membahas tentang bidang organisasi mengenai keanggotaan. Sampai akhir 2015 jumlah anggota KPN berjumlah 1.106 orang dari 16 kecamatan dan 29 SKPD, anggota baru sebanyak 36 orang dan keluar sebanyak 68 orang. “Anggota yang keluar disebabkan pindah tugas sebanyak 15 orang, pensiun enam orang, meninggal dunia dua orang, permintaan sendiri 43 orang dan diberhentikan sebagai anggota dua orang,” katanya.

Selanjutnya, pada 2015 KPN juga telah memberikan biaya pendidikan kepada 99 orang anak berprestasi yang merupakan anak dari anggota KPN dengan total dana yang dikeluarkan sebesar Rp33.750.000. Selanjutnya memberikan umroh kepada dua orang anggota yaitu, Husein dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Agam dan Sufri pegawai Kecamatan Kamang Magek.

Selain itu pendidikan perkoperasian kepada anggota dengan biaya Rp102.319.500. Pendidikan perkoperasian ini berfungsi untuk meningkatkan wawasan, pemahaman dan pengetahuan anggota terhadap organisasi dan pengelolaan koperasi yang dilaksanakan dua angkatan. Angkatan pertama tanggal 21-22 Oktober 2015 dan angkatan ke dua tanggal 27-28 Oktober 2015 masing-masing angkatan beranggota sebanyak 50 orang.

KPN juga bentuk kepedulian terhadap kehidupan sosial anggota selama 2015 dengan memberikan bantuan sosial terhadap anggota maupun keluarga anggota yang sakit, meninggal, pesta, pensiunan, naik haji dan lainnya. Selain itu KPN juga memberikan bantuan kegiatan bedah rumah tidak layak huni bagi enam rumah tangga miskin yang bersumber dari dana zakat.

Selain itu, dalam RAT tersebut juga dibahas tentang dana pembangunan daerah kerja, usaha simpan pinjam, usaha kemitraan, usaha angkuan bus, usaha sewa gedung dan masalah keuangan serta permodalan.

Pengawas KPN Pemkab Agam Junaidi, mengatakan, selama 2015 cukup banyak kemajuan yang dicapai KPN Pemkab Agam, diantaranya adanya tertib admistrasi dalam pengelolaan koperasi, kepedulian koperasi yang sangat tinggi terhadap program pemerintahan, pembenahan aset koperasi yang cukup baik dan mampu menorehkan prestasi. “Dari hasil pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan selama 2015, bahwa pelaksanaan organisasi koperasi sudah cukup baik, namun perlu pembenahan terhadap anggota perkoperasian, sedangkan dari pelaksanaan usaha sudah memperlihatkan kemajuan,” katanya.

Selanjutnya masih terdapat beberapa anggota yang kurang disiplin memenuhi kewajibannya pada kopersi atau simpan wajib, angsuran hutan dan bunga.

Bupati Agam Indra Catri diwakili Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Agam Jabanur, mengatakan, koperasi bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya. Serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur. “Perkembangan koperasi tahun ketahun membuat kebanggaan bagi Pemkab Agam, akhir 2014 koperasi aktif sebanyak 182 unit, sedangkan di akhir 2015 meningkat menjadi 196 unit koperasi aktif dari 257 unit koperasi yang ada di Kabupaten Agam.

Begitu juga dengan perkembangan keuangan yang dimiliki, pada periode akhir 2015 jumlah aset koperasi di Kabupaten Agam dibukukan sebesar Rp389,77 miliar dengan volume usaha sebesar Rp310,21 miliar dan perolehan SHU sebesar Rp11,42 miliar.

Dikatakan Jabanur, melalui beberapa program dan kegiatan yang terkait dengan pembinaan dan pengembangan koperasi yang telah dilakukan pada 2015, Agam berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Koperasi UKM RI yaitu penghargaan koperasi berprestasi tingkat nasional atau Koperasi Award yang diperoleh KPN Kecamatan Baso.

IRMAN NAIM

Lebih lengkap, baca:

The Public (Terbit tiap Senin)

Cover Edisi 13 Thn III/28 Februari - 6 Maret 2016
Cover Edisi 13 Thn III/28 Februari – 6 Maret 2016

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemkab Solok Terima Hibah Penerapan Teknologi Air Bersih dan Sanitiasi

Spiritsumbar.com,Arosuka- Pemerintah Kabupaten Solok menerima hibah barang persediaan berupa penerapan Teknologi Air Bersih dan Sanitiasi ...