Beranda - Pendidikan - Keluarga - KIP, Solusi Bagi Generasi Cerdas
Program Indonesia Pintar Melalui Kartu Indonesia Pintar
Program Indonesia Pintar Melalui Kartu Indonesia Pintar

KIP, Solusi Bagi Generasi Cerdas

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Kehadiran  Menteri Pendidikan Prof.  ‎Muhajir Effendy di kantor PPM Sumbar di jalan Veteran Padang, merupakan sebuah pencerahan bagi 276 orang anak siswa paket dan beberapa orang pengelola PKBM se Sumbar. Bahwa Angka kemisikinan di Indonesia masih terbilang cukup tinggi, dan hal itu akan berdampak kepada anak usia sekolah dalam pendidikannya. Sebut menteri Muhajir Effendy

Masih banyak generasi yang terkena dampak dari kemiskinan yang melanda masyarakat kita, terutama di daerah yang terbelakang atau terpencil. Contohnya anak usia sekolah tidak melaksanakan wajib belajar, berhenti sekolah karena ketidak mampuan keluarga, ataupun mereka yang berhenti sekolah karena terkena bencana sehingga menghambat anak untuk belajar.

Oleh karena itu, pemerintah berinisiatif untuk menanggulangi hal tersebut dengan diadakannya program bantuan siswa miskin (BSM) yang lalu. Namun saat ini pemerintah menamainya dengan program Beasiswa Indonesia Pintar KIP.

Program Beasiswa Indonesia Pintar KIP merupakan penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang ditujukan kepada anak usia sekolah untuk membantu dana atau biaya keperluan sekolah agar dapat menyelesaikan proses belajarnya.

Kartu Indonesia Pintar ini diberikan sebagai identitas untuk menjamin dan memastikan agar anak mendapat bantuan Beasiswa Program Indonesia Pintar apabila anak tersebut mendaftarkan diri ke lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Contoh pendidikan formal adalah sekolah dan madrasah, sedangkan nonformal adalah pondok, pusat kegiatan belajar masyarakat, kursus dan lainnya.

Program Indonesia Pintar ini diselenggarakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbut) dan kementrian agama (kemenag). Berikut akan kami ulas mengenai tujuan, sasaran dan persyaratan Info Beasiswa Indonesia Pintar KIP.

Menteri yang didampingi oleh kepala dinas pendidikan Sumbar, Burhasman Bur dalam kesempatan tersebut mengakatan bahwa  program ini akan kita tindak lanjuti dan pemrmasalahannya dimana dan kita terus melakukan pembenahan.

FAL

Cover The Public (terbit tiap Senin)
Cover The Public (terbit tiap Senin)
loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Maag (ilustrasi)

Maag dan Asam Lambung Bukan Penyakit, Ini Penjelasannya

Ada salah satu penyebab sakit Maag yang disebabkan karena serangan Bakteri. Jika parah hal ini ...