Beranda - Pariwisata - Destinasi - Kera Hibur Pengunjung Puncak Cemara
Gerombolan kera sedang menunggu makanan dari seorang bocah
Gerombolan kera sedang menunggu makanan dari seorang bocah

Kera Hibur Pengunjung Puncak Cemara

Print Friendly

Spiritsumbar.com – Keberadaan puluhan kera yang bergelayutan di pepohonan  sekitar kawasan objek wisata Puncak Cemara menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke lokasi ini.  Meski tergolong hewan liar, namun mamalia cerdas ini tampak jinak ketika didekati pengunjung, apalagi yang menyodorkan makanan untuk mereka.

Beberapa keluarga yang membawa putra-putri mereka berkunjung ke kawasan ini tampak asik berinteraksi dengan kera-kera yang ada Puncak Cemara. Kera-kera tak takut mendekat dan  mengambil  makanan dari tangan penjunjung, sementara pengunjung lainnya menjadikan kelucuan kera-kera tersebut menjadi objek foto.

Ibu Dewi seorang pengunjung yang datang dari Kota Padang mengatakan ia senang bisa menyaksikan keindahan panorama alam dari Puncak Cemara yang terbilang lebih sejuk dibanding objek  wisata lain yang telah ia kunjungi di Kota Sawahlunto. Ia menilai objek Puncak Cemara sangat cocok untuk wisata keluarga, karena selain indah juga bisa mengajarkan anak mengenal dan berinterkasi langsung dengan satwa.

Menurut petugas  di lokasi tersebut,  puluhan kera itu adalah penghuni liar hutan di kawasan hutan Cemara. Sejak menjadi kawasan wisata, kera-kera menjadi jinak karena sering diberi makan oleh pengunjung.

Selain bisa melihat kelucuan kera-kera, di Puncak Cemara juga tersedia play ground untuk anak, monument kesetiaan dan pemandangan perbukitan yang berbaris mengelilingi kota kecil Sawahlunto.  Untuk masuk ke kawasan Objek wisata Puncak Cemara dan berinteraksi langsung dengan kera-kera disini, anda hanya perlu membayar tiket Rp 2.000,- untuk anak-anak dan Rp 3.000,- untuk dewasa.

Ada beberapa tips yang sebaiknya anda lakukan jika mengunjungi tempat wisata yang ada Kera/Monyet:

  • Taruhlah barang berharga anda di dalam tas, seperti anting-anting, selendang, kacamata ataupun handphone. Jika anda ingin foto-foto, selalu pegang erat kamera anda. Barang-barang tersebut akan menarik minat dari kera-kera untuk mengambil.
  • Bawalah makanan seperti pisang atau kacang untuk membuat mereka jinak dan mendekati anda
  • Jangan memukul atau menyakiti kera-kera, hal ini akan membuat kera-kera yang lain akan menyerang anda.

Penulis : RNI

Editor : Saribulih

Artikel lainnya

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Ini Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2019

Spiritsumbar.com, Jakarta – Setelah resmi menetapkan 14 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2019. Komisi ...