Beranda - Pendidikan - Artikel - Kepala Sekolah Zaman Now
Feri Fren
Feri Fren

Kepala Sekolah Zaman Now

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Saat ini seorang kepala sekolah menghadapi tantangan yang lebih besar dibandingkan kepala sekolah masa lalu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di sekolah.

Hal ini terjadi karena adanya hierarki kewenangan dan kekuasaan yang lebih tinggi dari kelompok yang mengawasi atau auditor (Avoid dan Black, 2014).
Dsamping itu, seorang kepala sekolah juga dituntut untuk bisa bekerja secara profesional, transparansi dan akuntabel dalam mengelola sekolah. Hal ini akan menambah kepercayaan masyarakat dan membuat minat untuk memasukkan anaknya ke sekolah akan lebih tinggi.
Kepala sekolah diharapkan dari waktu ke waktu mampu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Tuntutan seperti itu membuat kepala sekolah harus selalu belajar untuk mengikuti perubahan-perubahan melalui pelatihan dan bimbingan teknis.

Bagi seorang kepala sekolah, perubahan yang terjadi kalau tidak segera diiringi dan ditindaklanjuti, akan membuat kepala sekolah tersebut tertinggal dan suatu saat akan tereliminasi seiring dengan berjalannya waktu sesuai perubahan-perubahan yang terjadi.
Diantara perubahan yang terjadi adalah dengan dikeluarkannya beberapa peraturan perundang-undangan yang baru dibuat terhadap peran seorang kepala sekolah. Diantaranya Pertama, Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Kedua, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Ketiga, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Dalam Pasal 1 butir 2 Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 dinyatakan bahwa “Kepala Sekolah adalah Guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola sekolah atau sederajat”.
Pada pasal 2 nya juga dinyatakan bahwa beban kerja kepala sekolah 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam kerja efektif dalam satu minggu diluar jam istirahat.
Lebih lanjut dalam pasal 9 juga dinyatakan bahwa beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas dalam bentuk manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.
Namun demikian, apabila terdapat guru yang tidak dapat melaksanakan pembelajaran, kepala sekolah dapat melaksanakan tugas pembelajaran atau pembimbingan karena alasan tertentu yang bersifat sementara atau tetap atau belum tersedianya guru yang mengampu pada mata pelajaran atau kelas tertentu.
Dalam hal manajerial, seorang kepala sekolah mempunyai tugas merencanakan program sekolah, mengelola standar nasional pendidikan, melaksanakan pengawasan dan evaluasi, melaksanakan kepemimpinan sekolah, dan mengelola sistem informasi manajemen sekolah.

Dibidang pengembangan kewirausahaan, seorang kepala sekolah memiliki tugas merencanakan program, melaksanakan, serta melaksanakan evaluasi pengembangan kewirausahaan.
Sementara dalam bidang supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, seorang kepala sekolah bertugas merencanakan program supervisi guru dan tenaga kependidikan, melaksanakan supervisi guru, melaksanakan supervisi terhadap tenaga kependidikan.

Selanjutnya menindaklanjuti hasil supervisi terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan evaluasi supervisi guru dan tenaga kependidikan, serta merencanakan dan menindaklanjuti hasil evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

Begitulah tugas yang harus diemban oleh seorang kepala sekolah di Zaman Now, agar sekolah yang dipimpinnya bisa berkualitas dan eksis di tengah-tengah masyarakat.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...