Beranda - Pendidikan - Artikel - Kepala Sekolah yang Dirindu

Kepala Sekolah yang Dirindu

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Donni Saputra ( Kepala SDN. 12 Api-Api Kec. Bayang Pesisir Selatan)

Rekruitmen kepala sekolah mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Dan saat ini seorang kepala sekolah baru dapat menjabat menjadi kepala sekolah jika sudah memiliki nomor unik kepala sekolah atau NUKS.

Jika kepala sekolah sudah menjabat sebagai kepala sekolah maka harus mendapat penguatan
Ketika kita menjadi kepala sekolah, berarti jiwa dan raga kita tercurah untuk memajukan dunia pendidikan, maju atau mundurnya pendidikan salah satu faktornya adalah kepala sekolah.

Oleh sebab itu sudah sepantasnyalah kita bersungguh-sungguh melaksanakan tugas dan amanah yang kita emban secara professional . dan perlu diingat Kepala sekolah merupakan Agen Perubahan.

Menjadi kepala sekolah harus mampu mempengaruhi seluruh stakeholder yang ada disekolah, karena dengan kemampuan itu, kepala sekolah akan dapat mewujudkan visi dan misi sekolah secara bersama-sama, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Kepala sekolah adalah manajer yang mengatur strategi bagaimana suatu tujuan dapat tercapai secara maksimal.

Jika kepala sekolah sering meninggalkan sekolah, nicaya guru juga akan meninggalkan siswa dalam kelas, betapapun hebatnya kurikulum yang dirancang oleh pemerintah, jika tidak dilaksanakan sesuai protap , mustahil tujuan pendidikan akan tercapai.

Dalam proses pengajaran dan pendidikan, guru kita rindu akan banyak hal. Mereka datang ke sekolah meninggalkan anak dirumah, mendidik siswa disekolah, butuh sapaan hangat dari kepala sekolah, dalam bentuk nyata seperti, salaman ketika baru sampai sekolah. bukan muka cemberut yang menyambut mereka ketika mereka terlambat .

Para guru butuh pembinaan ketika mereka melakukan kesalahan.
Para guru butuh pencerahan dalam menyampaikan pembelajaran. guru rindu akan metode dan dan pendekatan pembelajaran yang mudah dicerna oleh para siswa, yang mudah di mengerti, sehingga pembelajaran yang berlangsung dapat menarik perhatian para siswa dan proses belajar mengajar lebih menyenangkan.

Guru juga rindu akan ajakan kepala sekolah dalam mengerjakan administrasi pembelajaran dan administrasi kelas, bukan perintah, karena antara mengajak dengan perintah itu berbeda, guru rindu kepala sekolah yang berwawasan luas  dan memahami serta menguasai materi pelajaran. Oleh sebab itu seorang kepala sekolah harus serba menegerti dan lebih dari guru, karena kepala sekolah adalah tempat bertanya bagi guru.

Para Guru rindu akan reword ketika berhasil mengerjakan suatu pekerjaan atau mendapat suatu prestasi, janganlah pelit memberikan reword terhadap guru, karena dengan reword ada energi baru yang datang dari dalam diri guru untuk selalu melakukan atau mengulang pekerjaan yang terbaik tersebut.

Guru rindu akan sikap netral kepala sekolah, yang tidak membeda-bedakan antara guru yang kaya dengan miskin, antara guru konglomerat dengan guru melarat, mereka semua butuh perlakukan yang sama, jadilah kepala sekolah yang murah senyum dan menyapa bagaimana keadaan bapak/ ibu hari ini?

Guru rindu akan kepala sekolah yang menegur kesalahan dengan kata-kata bijak, yang bukan memaki-maki, dan berkata-kata kasar di depan guru yang lain, karena guru adalah mitra kerja bagi kepala sekolah. Bila guru melakukan kesalahan, panggil guru keruangan kepala sekolah, bicarakan disana secara kekeluargaan, apa penyebabnya dan carikan solusi yang bijak.

Guru rindu akan kepala sekolah yang selalu bermusyawarah dalam mengambil suatu kebijakan, dan ini sangat bermanfaat bagi kepala sekolah, karena betapapun beratnya beban yang di tanggung oleh kepala sekolah, akan terasa ringan bila mau berbagi. Dan antara kepala sekolah dan guru harus saling bahu membahu mencapai tujuan pendidikan.

Dalam menata keuangan, guru juga rindu akan keterbukaan dan transparan seorang kepala sekolah menggunakan dana sekolah, bukan marah-marah jika guru menanyakan penggunaan dana sekolah, berikan penjelasan sedetil mungkin, sehingga tidak timbul saling curiga, dan ini dapat dijadikan sebagai bentuk control, supaya kepala sekolah tidak salah dalam penggunaan anggaran.

Sudahkah kehadiran kita sebagai kepala sekolah selalu dirindukan guru, atau malah sebaliknya, mereka gembira ria bila kita tidak datang ke sekolah atau tidak sedang berada di sekolah. Jadilah kepala sekolah yang memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, tidak sombong; rendah hati, menjadi teladan bagi guru dan siswa,dan mampu menjadi pemimpin yang bijaksana.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pembangunan Daerah (PPD) Peringkat I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Tingkat Kabupaten

Tanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Sejarah besar ditorehkan Kabupaten Tanah Datar di awal bulan suci Ramadhan 1440 H. ...