Beranda - Pendidikan - Artikel - Kepala Sekolah Update

Kepala Sekolah Update

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Donni Saputra ( Kepala SDN. 12 Api-Api Kec. Bayang Pesisir Selatan)

Apakah bapak , ibu para kepala sekolah sudah update ? update yang dimaksud disini bukan berarti seluruh kegiatan harian para kepala sekolah di upload ke media sosial.

Sebagai contoh sedang upacara bendera, cekrek kemudian di upload, sedang makan bareng guru dipinggir pantai , cekrek lagi, di upload lagi, siswa sedang sholat berjemaah, cekrek, upload, nyengir sendiri duduk di kursi goyang kepala sekolah, cekrek lagi, upload, dan kegiatan lainnya.

Kalau ini yang dilakukan oleh seorang kepala sekolah, hanya akan menguntungkan pihak operator seluler, bisa kita hitung sebagai contoh satu gambar yang kita upload memakai data atau biaya 50 MB.  Kalau kita upload satu kali upload 5 gambar, berarti kita memakai data 50 x 5 = 250 Mb, seperempat giga bro, lumayan biaya yang akan kita bayar.

Apakah ada kontribusinya kepada karir kita, apakah ada kontribusinya terhadap para guru yang kita pimpin dalam memecahkan masalah yang amat komplit dalam proses belajar mengajar, apakah ada kontribusinya kepada dunia pendidikan. Paling jempol atau like yang kita dapat. Tanpa adanya kontribusi terhadap tugas yang kita emban.

Karena tanpa kita sadari keperluan data seluler saat ini sama dengan kebutuhan makan.  Sebentar saja operator seluler sinyalnya hilang atau mati, maka kita akan kebingungan seperti orang yang sedang kelaparan mencari rumah makan. Apakah kita sadari siapa yang diuntungkan dalam hal ini.

Kepala sekolah update disini adalah kepala sekolah yang secara aktif memberikan informasi dan ilmu pengetahuan terkini kepada para guru dalam merencanakan, membuat persiapan dan melaksanakan pembelajaran serta melakukan evaluasi pembelajaran. Sehingga para guru kita benar-benar siap dengan metode yang tepat yang sesuai dengan karakter bidang studi.

Serta guru mampu membuat atau menyiapkan alat peraga atau media yang dapat menarik perhatian para siswa, sehingga siswa benar-benar fokus mengikuti proses pembelajaran dan membuat pembelajaran benar-benar bermakna.

Metode yang tepat dan alat peraga yang sesuai adalah dua hal yang sangat membantu guru dalam proses menyampaikan pembelajaran.

Seorang kepala sekolah diera digital saat ini harus meng-update ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan cara mampu dan mau belajar secara online. Sehingga seorang kepala sekolah dapat memiliki ilmu dan metode terbaru dalam memimpin para guru yang memiliki tipe atau karakter serta kesulitan yang beranekaragam.

Dan yang paling penting adalah dapat mencarikan metode-motode jitu dalam menyampaikan pembelajaran dan mengkombinasikan berbagai metode dalam proses belajar mengajar.  Karena sangat banyak ilmu pengetahuan yang bisa kita pelajari secara online saat ini, dan sangat bermanfaat sebagai penunjang tugas seorang kepala sekolah.

Sehingga biaya operator seluler yang kita bayar tidak percuma hanya untuk meng-upload foto, tetapi dapat kita gunakan sebagai ajang untuk mencari ilmu pengetahuan, dan sebagai bekal bagi kepala sekolah untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ditanyakan oleh para guru.  Karena di sebuah sekolah, seorang kepala sekolah adalah tempat bertanya dan mencurahkan seluruh masalah-masalah proses belajar mengajar yang dihadapi para guru.

Dalam pemecahan dan menjawab permasalahan yang dikemukan oleh para guru, jangan kita terlihat kecil oleh para guru. Karena tidak bisa mencarikan solusi atau menjawab pertanyaannya.

Seorang kepala sekolah harus lebih dari segala hal dari para guru, dalam artian positif. Karena apabila kita para kepala sekolah tidak bisa mencarikan pemecahan masalahnya, maka akan dicap negatif oleh mereka.

Kepala sekolah saat ini harus update dari segala hal. Termasuk update dalam administrasi kepala sekolah. Karena tanpa kelengkapan administrasi, seorang kepala sekolah tidak akan dapat bekerja sesuai dengan rencana.

Kelengkapan administrasi adalah bentuk rencana kerja yang harus kita kerjakan dan sebagai bukti kita sudah melaksanakan pekerjaan.

Karena saat ini semua pekerjaan yang kita lakukan harus mempunyai bukti pendukung terhadap pekerjaan yang telah kita kerjakan. Tanpa adanya bukti pendukung maka pekerjaan yang kita lakukan tidak ada artinya. Maka biasakanlah melakukan suatu pekerjaan dilengkapi seluruh bukti pendukung.

Untuk perbaikan pembelajaran dikelas yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah juga harus update dalam bentuk tatacara dan pelaksanaan supervisi.  Karena tanpa adanya pengetahuan yang kita miliki tentang supervisi, mustahil akan dapat melaksanakan supervisi dengan baik. Kalau dipaksakan juga maka hasilnya tidak akan maksimal dan kelihatan akan asal-asalan.

Dalam hal ini, keahlian dan kemauan para kepala sekolah dituntut untuk serius melakukannya. Karena supervisi merupakan bentuk analisa terhadap para guru dalam melaksanakan pembelajaran.  Ketika supervisi dilaksanakan, akan kelihatan kelebihan dan kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Tugas kita lah para kepala sekolah mencarikan solusi dan arternatif memperbaiki kekurangan guru dalam proses pembelajaran

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

LPMP Sumbar Maksimalkan Pelayanan

SPIRITSUMBAR.com – Guna mempererat tali silaturrahmi dan menyatukan langkah ke depan, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu ...