Beranda - Headline - Kepala Sekolah Penentu Dalam Penerapan Kurikulum 2013

Kepala Sekolah Penentu Dalam Penerapan Kurikulum 2013

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Dalam rangka meningkatkan pemahaman kepala sekolah terhadap Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta mengadakan kegiatan ToT (Training of Tarainer) pelatihan K-13 bagi Kepala Sekolah.

Untuk Propinsi Sumatera Barat kegiatan ToT dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 21 April 2018 bertempat di LPMP Sumatera Barat dengan pola pelatihan sebanyak 52 jam pelajaran. Peserta ToT berasal dari unsur kepala sekolah dengan jumlah 86 orang yang berasal dari Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Pelaksanaan kegiatan dibagi atas tiga kelas, dengan jumlah instruktur nasional dua orang untuk tiap kelasnya.

Kepala LPMP Sumatera Barat Drs.Rasoki Lubis,M.Pd saat pembukaan ToT mengatakan, peran dan pemahaman kepala sekolah sangat menentukan sekali dalam penerapan kurikulum 2013 di sekolah.

Seorang kepala sekolah harus bisa memahami segala perubahan-perubahan yang terjadi pada kurikulum. Diantaranya, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, Kemampuan berfikir tingkat tinggi dan lain sebagainya. Agar guru-guru di sekolah bisa memahaminya, sudah tentu seorang kepala sekolah terlebih dahulu harus memahaminya. Karena, kepala sekolah merupakan motor penggerak di sebuah sekolah. Maju mundurntya sebuah sekolah terletak di tangan kepala sekolahnya.

Untuk mempersiapkan kepala sekolah yang bisa memahami perubahan kurikulum, terlebih dahulu dilatih beberapa orang kepala sekolah dalam bentuk ToT. Berikutnya, dapat mengimbaskannya kepada kepala sekolah yang lain khususnya di Propinsi Sumatera Barat.

Sebagai Instruktur Nasional dalam kegiatan ToT Kurikulum 2013 bagi kepala sekolah untuk Propinsi Sumatera Barat PPPPTK Matematika Yogyakarta menurunkan timnya. Mereka adalah, Dr. Supinah, Dr. Sumardyono, Sumadi, S.Pd. M.Si, Feri Fren, S.Pd.MM, Arfianti Lababa. M.Pd, dan Drs. Zulfahmi.

Keenam instruktur nasional tersebut berasal dari Widyaiswara PPPPTK Matematika Yogyakarta dan LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Sumatera Barat.  (Feri Fren)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pembangunan Daerah (PPD) Peringkat I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Tingkat Kabupaten

Tanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Sejarah besar ditorehkan Kabupaten Tanah Datar di awal bulan suci Ramadhan 1440 H. ...