Beranda - Pendidikan - Artikel - Kepala Sekolah Pembawa Perubahan

Kepala Sekolah Pembawa Perubahan

Print Friendly, PDF & Email

Oleh. Donni Saputra (Kepala SDN. 12 Api-Api Kecamatan Bayang Pesisir Selatan )

Bagi saya menjadi kepala sekolah bukanlah cita-cita atau keinginan, tetapi jabatan kepala sekolah adalah sebuah amanah yang harus bisa dipertanggung jawabkan didunia kepada atasan, dan di akhirat kepada sang pencipta, sungguh berat memang, tapi itu adalah amanah, laksanakan dengan penuh tanggung jawab dan senantiasa bertawakkal kepada pencipta.

Ada sabuah pertanyaan dan sebuah motivasi bagi diri seorang kepala sekolah yakni “ untuk apa saya menjadi kepala sekolah disini, kalau tidak ada perubahan yang saya lakukan”singkat memang tapi merupakan sebuah cambuk dan sebagai motivasi diri untuk berbuat yang terbaik bagi sekolah yang kita pimpin.

Kalau ingin melakukan perubahan pada sekolah yang kita pimpin hal yang pertama dilakukan adalah kepala sekolah itu sendiri yang harus merubah dirinya terlebih dahulu, yakni Perbaiki hubungan dengan sang pencipta, karena semangkin baik dan dekatnya hubungan kita dengan sang khalik, maka kita akan semakin jauh dari dosa, perbaiki sholat, laksanakan sholat tepat waktu, sering lakukan sholat berjemaah, biasakan sholat duha dan shalat tahajut.

Hal kedua yang harus dilakukan kepala sekolah adalah Menjadikan diri sebagai pembelajar hal ini merupakan unsur kompetensi kepribadian kepala sekolah yaitu memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri , belajar tidak ada batas usia, belajar tidak harus kepustaka atau kuliah, dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kita bisa mengakases internet disetiap waktu, pustaka online ada untuk belajar manajemen kepemimpinan dan yang lainnya, teman sejawat yang mempunyai kelebihan ilmu pengetahuan dari kita, dan belajar dari kelebihan-kelebihan guru kita yang ada disekolah,.

Yang ketiga adalah wujud dari kompetensi kepribadian kepala sekolah yakni dapat menjadi tauladan. Teladan dalam displin, baik jam masuk sekolah maupun jam pulang sekolah, Teladan untuk menginspirasi, mengajar, dan memberi contoh yang baik terhadap guru kita, teladan dalam berkomunikasih dan bertingkah laku disekolah, teladan dalam memberikan punishment kepada guru, walaupun mereka ada kesalahan, jangan memarahi mereka didepan guru yang lain, carilah tempat yang nyaman untuk menyampaikan kemarahan kita.

Selanjutnya adalah kepala sekolah harus mampu membuat strategi perubahan sekolah, lakukan analisis SWOT (Strength/ Kekuatan, Weakness/ Kelemahan, Oportunity/ Peluang, Threat/ Ancaman). Tentukan apa saja kekuatan sekolah kita, kemudian dimana letak kelemahannnya, apa saja peluang yang ada, dan ancaman – ancaman yang merusak tatanan sekolah. Dari analisis SWOT yang ada, maka kita akan bisa merancang perkembangan sekolah yang akan datang.

Hal kelima yang harus dilakukan seorang kepala sekolah adalah Siap menerima masukan dan kritikan, seorang kepala sekolah tidak selalu benar, ia juga mempunyai kelemahan, maka tidak ada salahnya seorang kepala sekolah menerima kritikan dan saran dari bawahan yang sifatnya memperbaiki kelemahan atau kekurangan tersebut, lakukan azas musyawarah dalam memecahkan masalah yang ada, karena beban yang berat akan terasa ringan bila dipikul secara bersama-sama atau gotong royong.

Seorang kepala sekolah harus punya motivasi diri yang kuat, dengan tekat bahwa hari ini, harus lebih baik dari hari kemaren, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, jangan sampai ketika kita dipercayakan memimpin sebuah sekolah, sekolah tersebut semakin merosot dari ketika awal kita terima,ini termasuk orang yang merugi. Semoga kita bisa terhindar dari itu dan menjadi kepala sekolah yang amanah.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Khatam Bukan Berhenti Baca Al Quran

SPIRITSUMBAR.com – Membaca dan memahami Qur’an sangat perlu sekali Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt ...