Beranda - Pendidikan - Artikel - Kepala Sekolah Mutu Sekolah

Kepala Sekolah Mutu Sekolah

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Akhir-akhir ini sangat banyak sekali perubahan-perubahan yang perlu disikapi oleh seorang kepala sekolah dalam dunia pendidikan.

Mulai dari perubahan kurikulum, penilaian kinerja kepala sekolah dan guru. Juga, sistim dan aturan penerimaan peserta didik baru, masa pengenalan lingkungan sekolah dan lain sebagainya. Kesemuanya itu tentu membutuhkan keprofesionalan dan kompetensi kepala sekolah dalam mengelolanya.

Sebagaimana yang diungkapkan Imam Musbikin dalam bukunya menjadi Kepala sekolah yang hebat, kepala sekolah berperan sentral terhadap kemajuan dan kemunduran sebuah organisasi yang bernama sekolah.



Kompetensi, visi yang kuat, tujuan yang jelas, komitmen, dan tanggap terhadap perubahan menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah.

Jelaslah disini bagi kita, bahwa peran seorang kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan mutu sebuah sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin di bidang pengajaran, pengembangan kurikulum, administrasi kesiswaan, administrasi personalia pendidik dan tenaga kependidikan, hubungan dengan masyarakat, pengelolaan administrasi sekolah, dan perlengkapan serta organisasi sekolah. Lebih jelasnya pengembangan sekolah diarahkan pada indikator pencapaian mutu 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

loading…


Dalam bidang pemberdayaan dan pelibatan masyarakat untuk pengembangan sekolah, kepala sekolah sangat berperan dan memegang kunci keberhasilan. Kepala sekolah harus menaruh perhatian tentang apa yang terjadi pada peserta didik di sekolah dan apa yang dipikirkan oleh orang tua dan masyarakat tentang pendidikan anaknya.

Dalam memikirkan hal tersebut, seorang kepala sekolah tidak boleh egois, harus mau menerima masukan dari semua pihak asal tujuannya positif untuk kemajuan sekolah. Kepala sekolah harus bisa berfikir sebagaimana yang difikirkan oleh orang tua peserta didik dan warga sekolah lainnya. Sehingga tujuan akhir dari pengembangan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu sekolah yang dipimpinnya akan bisa terwujud dengan konsep sekolah yang berbasis pada masyarakat. Bersama masyarakatlah sekolah yang dipimpinnya akan bisa tumbuh dan berkembang.

Kadangkala perasaan kita menjadi sedih juga ketika mendengar ada berita-berita tentang kepala sekolah yang di demo oleh masyarakat, orang tua peserta didik, guru-guru, bahkan dari peserta didiknya sendiri. Disinilah perlunya kerjasama antara kepala sekolah dengan semua warga sekolah beserta lingkungannya.

Kepala sekolah lebih dituntut untuk senantiasa membina hubungan kerjasama yang baik antara sekolah dengan masyarakat guna mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien. Dengan terciptanya hubungan yang harmonis antar sesama warga sekolah akan membentuk saling pengertian antara sekolah, orang tua, masyarakat, serta instansi lintas sektoral lainnya. Kesemuanya itu dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu sekolah.

Dengan mengetahui manfaat dan pentingnya peranan masing-masing antara sekolah dengan berbagai pihak yang ada di masyarakat diharapkan mereka secara bersama-sama merasa ikut bertanggung jawab atas kesuksesan pendidikan di sekolah.

Dalam rangka menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan masyarakat tergantung juga pada kepribadian dan sifat sosial seorang kepala sekolah. Cara kerja kepala sekolah sangat dipengaruhi oleh kepribadiannya, persiapan dan pengalaman profesionalnya, serta komitmen dari keputusan yang dibuatnya.

Penyebab rendahnya mutu pendidikan tentu tidak terlepas dari peran dan kepemimpinan seorang kepala sekolah sebagai top leadernya. Melihat pentingnya fungsi kepemimpinan kepala sekolah, maka usaha untuk meningkatkan kinerja yang lebih tinggi terhadap seorang kepala sekolah bukanlah pekerjaan mudah. Disisi lain dalam kenyataannya masih ada kepala sekolah yang hanya berperan sebagai pimpinan formalitas di sekolah. Mereka kurang memahami akan tugas pokok dan fungsinya sebagai seorang kepala sekolah.




Upaya peningkatan keprofesionalan kepala sekolah tidak akan terwujud begitu saja tanpa adanya motivasi dan kesadaran dalam diri kepala sekolah itu sendiri untuk melakukan perubahan dalam memajukan sekolahnya. Tanpa adanya kesadaran dan motivasi serta semangat yang tinggi untuk mengabdi, semua usaha yang dilakukan tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Mutu kepala sekolah akan menentukan mutu sekolah juga.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

HBA, Kajari Sijunjung Potong Tumpeng

SPIRITSUMBAR.com, Sijunjung -Peringatan Hari Bakti Adhiyaksa ke 59 Tahun 2019 yang dipusatkan di halaman Kantor ...