Beranda - Berita Pilihan - Kepala Sekolah Harus Handal

Kepala Sekolah Harus Handal

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Setelah mengadakan seleksi substansi calon kepala sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai langsung mengadakan Diklat IN-1 dengan pola 70 jam.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 24 sampai 30 September 2018 bertempat di Hotel New Rasaki Padang.

Menurut laporan ketua pelaksana Tuti Susanti yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMP, jumlah peserta yang ikut seleksi kali ini sebanyak 21 orang terdiri dari 6 orang untuk calon kepala SMP dan 15 orang calon kepala SD.

Kegiatan Diklat dibuka oleh kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat Rasoki Lubis, M.Pd. Dalam arahannya Rasoki Lubis menyampaikan, menyikapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini, seorang kepala sekolah harus handal dan memiliki kompetensi dalam mengelola pendidikan.  Sehingga bisa mengantarkan peserta didik untuk bisa hidup di abad 21.

Lebih lanjut disampaikan, kompetensi yang harus dimiliki oleh seseorang untuk bisa hidup di abad 21 adalah harus memiliki creativitas, critical thinking, collaborasi, dan communication.

Selain itu juga harus memiliki kemampuan bisa berlitrasi dan berfikir tingkat tinggi. Akhirnya peserta didik kita bisa hidup sejahtera pada zamannya nanti.

Mudah-mudahan, setelah bapak dan ibu melewati tahap seleksi dan mengikuti diklat dengan sungguh-sungguh akan dapat memberikan bekal bagi bapak dan ibu dalam memimpin sekolahnya nanti, tegasnya.

Dalam kegiatan Diklat IN-1 ini Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia menurunkan Master Trainer Zulfahmi dan Feri Fren yang berasal dari Widyaiswara dan untuk Tenaga Administrasi Syamsul Bahri dan Ermansyah, S.Pd dari LPMP Sumbar. Untuk supervisornya Dra.Dyah Puspowati, SE, SH, MH yang ditugaskan dari LPPKS. (Feri F)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...