Beranda - ADVERTORIAL - Kelola Sampah Membawa Berkah
Rombongan Studi Tiru Sijunjung di Sentol City Recycle Center (SCRC)
Rombongan Studi Tiru Sijunjung di Sentol City Recycle Center (SCRC)

Kelola Sampah Membawa Berkah

Print Friendly, PDF & Email

Laporan Riyon Dari Sentul Bogor

SPIRITSUMBAR.com – Keberhasilan meraih penghargaan Adipura bagi daerah baik Kabupaten /Kota, adalah suatu dambaan yang harus terwujud. Bukan hanya mimpi- mimpi mewarnai aktivitas kesehariannya. Terutama dalam meningktakan kualitas Penanganan dan Pengelolaan sampah secara baik dan profesional.

Ada beberapa syarat yang paling krusial dan memberikan nilai tertinggi bagi kabupaten /kota untuk mendapatkan Penghargaan Adipura. Yakni, tersedianya Tempat Pembuangan Sampah Akhir ( TPA) dan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS). Ini merupakan syarat paling krusial.

Untuk peningkatkan kualitas Pengelolaan Sampah, Kab. Sijunjung, OPD terkait dan Ketua PKK Kab. Sijunjung serta FKSS melakukan Studi Tiru ke Pengelolaan Sampah Mandiri Sentol City Recycle Center ((SCRC) terbesar di seluruh Indonesia, tanggal 18-21 September 2019. Hal ini, juga dikaitkan dengan upaya dan kerja keras meraih Penghargaan Adipura 2019.



TPS Mandiri SCRC dengan luas tanah 1, 5 ha dan bangunan 300 m2 kinerjanya memang profesional. Dari proses pengangkutan sumber sampah, transportasi, pemilahan sampah sampai proses azas manfaat.

Selanjutnya, yang bisa menghasilkan baku mutu hasil produk.Dengan kunci keberhasilan pemberdayaan warga masyarakat disekitar SCRC….hebat bukan!.

Teknik Pemilhan sampah
Teknik Pemilhan sampah

Selepas sholat Jum,at sekitar 22 orang rombongan dari Pemkab Sijunjung sudah sampai di SCRC. Rombongan yang dipimpin Ketua PKK Kab.Sijunjung Ny. En Yuwir Arifin didampingi Ketua Dharmawanita Disperta Ny. Emi Ronaldi, pengurus PKK yang lainnya.

Juga, Ny. Lidya Alfadli,S.Kep yng juga Ketua Dharmawanita Dinas Perkim LH, Kadis Perkim LH Riky Mainaldi Neri, SSTP.MSi dan Kadis Pertanian Ir. Ronaldiz Sekretaris DPUPR dan Ramadhan Fitri, S.Hut, M.Si.

Turut hadir, 2 orang dari FKSS, yaitu Ketua Fajar Septrian, SE dan Praktisi Lingkungan Priyono. Dalam studi tiru sesampainya di lokasi SCRC disambut oleh Menejer, Wilda yang juga Sekretaris ASOPSI.



Sebelum meninjau proses pengelolaan sampah berdaya kearifan lokal, Wilda menjelaskan hadirnya SCRS mengacu Perda Kawasan No. 3 Tahun 2014.

“SCRC berdiri di tahun 2019 dengan luas lahan 1,5 ha dari rencana luas 5 ha. Bangunan 300 m2, sampah yang dikelola 30-40 persen non organik, 10-20 persen residu,” ujarnya.

Selanjutnya >>>>>

Halaman [  1  ]    [  2  ]

Video Pilihan : Masya Allah, Ribuan Ikan Mengungsi ke Darat

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Donny Moenek : Pemekaran Harus Untuk Kesejahteraan Masyarakat

SpiritSumbar.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dr. Drs. Reydonnyzar Moenek, M.Devt.M yang akrab disapa Donny ...