Beranda - Headline - Kejutan Kenaikan PAD Kota Padang Panjang pada 2017
RSUD Padang Panjang (foto Yetti Harni)
RSUD Padang Panjang (foto Yetti Harni)

Kejutan Kenaikan PAD Kota Padang Panjang pada 2017

Print Friendly

Spiritsumbar.com, Padangpanjang – Pendapatan  Asli Daerah (PAD) sebagai salah satu sumber penerimaan APBD 2017 Kota Padang Panjang meningkat cukup tajam. Rialisasinya mencapai Rp 86,94 milyar, atau 14,75 % dari pendapatan APBD 2017 Rp 610 milyar. Itu persentase kontribusi PAD tertingi kedua di Sumatera Barat, setelah Kota Padang (sekitar 20 %).

Keterangan Kabid Pendapatan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kota Padang Panjang, Rio Derosart kepada pers, capaian PAD kota ini pada 2017 cukup tinggi dari tahun 2016, yakni dari sekitar Rp 73 milyar. Dan jika dilihat dari tahun 2013 yang saat itu capaian PAD sekitar Rp 35 milyar, kenaikannya sekitar Rp 50 milyar, signifikan.

Capaian PAD di akhir 2017 sebesar Rp 86,94 milyar tadi sejalan dengan target pada APBD Perubahan 2017. Dari pergerakan kenaikan PAD yang signifikan itu pula, ditambah adanya potensi baru sumber PAD, salah satu pasar pusat, maka target PAD pada APBD 2018 ini naik tajam jadi Rp140 milyar lebih.

Sumber yang sangat berpengaruh di balik lompatan kenaikan PAD tadi, sebagian besar dari penerimaan jasa layanan medis RSUD. Seperti pada 2017, penerimaan dari RSUD Rp 43 milyar, terus pada 2018 ini ditarget naik jadi Rp 50 milyar. Sumber lain, deviden bank, jasa giro, pajak penerangan jalan, pajak hiburan, dan puluhan sumber PAD lainnya.

Itulah salah satu buah dari pembangunan di Padang Panjang,  yakni naiknya potensi obyek PAD, ujar Plt SekdakoPadang Panjang cerara terpisah sebelumnya. Untuk tahun 2018 datang, misalnya, salah satu hasil pembangunan yang naik itu potensi PAD-nya adalah Pasar Pusat.(yetti harni).–    

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Semen Padang FC saat tour ke Pasaman Barat (foto MO SPFC)

Kalah dari Semen Padang FC, Ini Kata Sekda Pasbar

Spiritsumbar.com, Padang Tujuah – Tim Semen Padang kembali berhasil meraih hasil positif dalam tour Sumbar, di ...