Beranda - Headline - Kegiatan Gerakkan Pramuka Jangan Andalkan APBD

Kegiatan Gerakkan Pramuka Jangan Andalkan APBD

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Pulau Punjung – Kita berharap gerakkan pramuka Dhamasraya yang telah cukup lama fakum ini agar segera berlari, menunjukkan kualitas berbagai program menyiapkan anak negeri yang cerdas, pintar, berbudi pekerti dan memiliki ketrampilan berdaya saing.

Hal ini disampaikan Ketua Kwarda 03 Sumbar Kakak Nasrul Abit pada axara Pengukuhan Pengurus Kwarcab 018 Gerakkan Pramuka Kabupaten Dhamasraya periode 2018-2022 di Aula Kantor Bupati Dhamasraya, Pulau Punjuang, Rabu (12/9/2018).

Hadir dalam kesempatan itu, ketua harian Kwarda 03 Pramuka Sumbar dan pengurus, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Wakil Bupati Afrizal Dt. Rajo Medan, Forkopimda Dhamasraya, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Dhamasraya.

Lebih lanjut Kakak Nasrul Abit menyampaikan, gerakkan pramuka merupakan gerakkan kepanduan bagi generasi muda Indonesia dalam meningkatkan pengembangan kemampuan diri diluar sekolah untuk mempersiapkan pemimpin dimasa datang.

Menghadapi tantangan global dan kemajuan teknologi informasi Kepramukaan perlu diarahkan pada mendidik anggota Pramuka sebagai masyarakat yang beriman dan bertaqwa berilmu dan menguasai teknologi.

Dan gerakkan pramuka ini merupakan amanat dari UU No. 12 tahun 2010 serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, dimana gerakkan pramuka men dapat apresiasi yang tinggi ditengah-tengah masyarakat, ungkap Nasrul Abit.

Nasrul Abit yang juga Wakil Gubernur Sumbar itu menyampaikan, kegiatan gerakkan pramuka tidak cukup dengan mengandalkan APBD saja. Kita masih butuh dukungan lain yang tidak mengikat apakah berupa sumbangan pihak ketiga dalam berbagai kegiatan dan program pramuka itu sendiri.

Oleh karena itu kreatifitas dan inovasi pengurus dalam mengerakkan dan menjalankan semua program kegiatan pramuka di daerah tentu menjado bahagian dari kemajuan pembangunan di kabupaten dan kota.

Kepengurusan Kwarda diprovinsi hanyalah bersifat koordinasi dan konsultasi dalam berbagai kegiatan gerakkan pramuka di Sumatera Barat, terang Kakak Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga menyampaikan pada tanggal 18 September 2018 di Kendari Kalimantan Selatan akan berlangsung Munas Pramuka untuk kepengurusan Kwarnas periode berikutnya.

Kita melihat kinerja Kakak Adiyaksa Daud cukup baik, beliau dekat dengan siapa saja dan segala aktifitas pramuka berjalan cukup baik. Mungkin kinerja hari ini bisa menjadi pertimbangan untuk kembali terpilih dalam munas mendatang.

Badan Narkotik Nasional (BNN) juga meminta kita gerakkan pramuka untuk ikut serta dalam pemberantas narkorba pada generasi muda. Pramuka mesti terdepan dalam memberantas narkoba dikalangan generasi muda.

Mari kita jaga dan kawal bersama-sama lingkungan tempat tinggal, jangan sampai ada nakorba, jika segera laporkan pada pihak berwajib, harap Kakak Nasrul Abit.

Kamabimcab Gerakan Pramuka Dhamasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, juga menyampaikan selama ini kegiatan pramuka belum dapat berjalan karena belum ada pengurusan yang definitif. Dengan dikukuhkan nya hari, ini pemkab Dhamasraya akan menganggarkan program dan kegiatan pramuka agar pramuka Dhamasraya bangkit kembali, untuk lebih baik.

“Untuk kemajuan dan kebangkitan gerakkan pramuka di Dhamasraya, Pemerintah Kabupaten Dhamasraya akan mensuport seribu persen, ” kata Bupati Sutan Riska Tuangku Kerajaan.

Ketua Kwarcab 018 Pramuka Dhamasraya H. Adlisman S. Sos. Yang juga Sekdakab menyampaikan, gerakan pramuka salah satu alternatif mencerdaskan anak bangsa dan menghadapi tantangan global saat ini.

Masih panjang perjalan nengerakan pramuka di Dhamaaray berjalan baik dan lancar untuk hal positif. Kegiatan gugus depan tetap dilaksanakan.

Untuk memberikan motivasi dan kebanggaan akan pramuka, kira usulka memakai seragam pramuka dihari tertentu di Dhamasraya sekali seminggu, ujarnya.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Tanpa Industri, Ini Strategi Sumbar Menurunkan Angka Kemiskinan

SpiritSumbar.com – Sumatera Barat bukanlah daerah indutri padat karya, tidak ada indrustri yang berkembang baik ...