Beranda - Headline - Kebhinekaan dan Toleransi Itu Ibarat Masak Rendang

Kebhinekaan dan Toleransi Itu Ibarat Masak Rendang

Print Friendly

Spiritsumbar.com, Padang – Kebhinnekaan dan toleransi itu ibarat masak rendang. Bermacam-macam bumbu dicampur sehingga rendang itu menjadi enak. Kalau satu macam bumbu saja tentu tidak akan enak.

Begitu juga dengan bangsa Indonesia, bermacam-macam suku, bahasa dan budaya, yang hidup dengan damai di antara perbedaan yang ada di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Demikian disampaikan Staf Khusus Mendikbud RI Nasrullah saat menjadi narasumber di seminar nasional yang bertajuk kebhinnekaan dan toleransi, Jumat (24/11) di Hotel Pangeran City, Padang.

Seminar yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit itu, diangkatkan PW Pemuda Muhammadiyah Sumbar bekerjasama dengan Kemedikbud RI.

Menurut Nasrullah, keberagaman yang ada merupakan potensi besar bangsa Indonesia. “Tinggal bagaimana merawat perbedaan itu dengan mengedepankan tolerasi antar sesama anak bangsa,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumbar Muhayatul menyampaikan, merawat kebhinnekaan dan toleransi itu telah menjadi bagian dari garis perjuangan Pemuda Muhammadiyah, mulai dari pusat sampai ke daerah-daerah.

Untuk masyarakat Sumbar, sebutnya, rasa kebhinnekaan dan toleransinya sudah tidak diragukan lagi. “Walaupun situasi (politik) kadang memanas, tapi tidak pernah kita dengar konflik SARA di Sumbar,” ungkap putera Pesisir Selatan itu.

Dalam urusan kebhinnekaan dan toleransi, kadang di berbagai daerah kita agak prihatin, tetapi di Sumbar, sebut Muhayatul, telah menjadi rujukan bagaimana hidup dalam keberagaman dengan damai. (Rel).

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Penemuan Sosok Mayat Gegerkan Warga Timpeh

Spiritsumbar.com, Timpeh – Warga Jorong Pinang Makmur Kanagarian Tabek Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya, digegerkan dengan ada ...