Beranda - Headline - Kadisdikbud Sijunjung Tutup Diklat Penguatan Kepsek

Kadisdikbud Sijunjung Tutup Diklat Penguatan Kepsek

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Sijunjung – Seorang Kepala sekolah harus mampu malaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.

Hal ini disampaikan oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sijunjung Ramler, SH.MM saat menutup kegiatan Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah jenjang SMP.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Beban Kerja Kepala Sekolah. Dalam peraturan tersebut dikatakan bahwa beban kerja Kepala Satuan Pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan.



Lebih lanjut kepala dinas pendidikan dan kebudayaan menyampaikan, kualitas sebuah sekolah sangat ditentukan oleh kualitas kepala sekolahnya. Oleh karena itu, marilah sebagai seorang kepala sekolah untuk selalu berusaha meningkatkan kompetensi dirinya.

Dengan meningkatnya kualitas kompetensi kepala sekolah, diharapkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sijunjung dari tahun ketahun akan dapat ditingkatkan.

Dalam kesempatan ini Yulius Maleni, S.Pd.MM selaku kepala bidang SMP juga melaporkan kepada kepala dinas, bahwa peserta yang hadir pada kegiatan diklat ini berasal dari kepala SMP dan pengawas SMP se Kabupaten Sijunjung.

Alhamdulillah semua peserta sangat antusias dan penuh semangat dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Mudah-mudahan setelah selesai kegiatan ini nantinya akan bisa menambah wawasan kepala sekolah dalam mengimplementasikan tugas manajerial disekolahnya masing-masing.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pola In-On-In dengan narasumber Feri Fren dan Derismen dari LPMP Sumatera Barat. Kegiatan In service learning pertama ini dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 2 sampai 5 Agustus 2018 bertempat di Wisma Keluarga Muaro Sijunjung.

Kegiatan peserta selanjutnya sampai akhir bulan Oktober 2018 adalah kegiatan On the job learning dalam bentuk penyelesaian semua tugas-tugas yang diberikan oleh narasumber.

Diperkirakan pada awal bulan November nanti, peserta kembali melaksanakan kegiatan diklat dalam bentuk In service learning kedua. Pada kegiatan ini semua peserta melaporkan hasil yang diperolehnya selama kegiatan On the job Learning dalam rentang waktu lebih kurang dua bulan. (Rel)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Timnas Indonesia saat laga ujicoba melawan Myanmar (foto PSSI)

Hadapi Hongkong, Pembuktian Bagi Timnas Senior

Spiritsumbar.com – Tim Nasional Indonesia bertekad meraih kemenangan melawan Hongkong pada laga uji coba internasional ...