Beranda - Headline - Kadisdik Dharmasraya Buka Pelatihan K13

Kadisdik Dharmasraya Buka Pelatihan K13

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Dalam rangka memberikan pemahaman bagi guru-guru jenjang Sekolah Dasar (SD) tentang Implementasi Kurikulum 2013, Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya menyelenggarakan pelatihan dengan pola 52 jam.

Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 25 sampai 30 Juni 2018 bertempat di SDN.08 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Apriyaledi, S.Pd.MM yang juga ketua penyelenggara kegiatan, dalam laporannya mengatakan jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 250 orang terdiri dari guru kelas 2, 3, 5, 6. 



Dalam Kesempatan ini Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Indra Friedi, S.Pd.MM juga menyampaikan, dalam kegiatan ini peserta kegiatan yang berasal dari guru kelas 3 dan 6 SD, sumber dana kegiatan berasal dari dana APBD. Sedangkan untuk peserta yang berasal dari guru Kelas 2 dan 5 diambilkan dari dana mandiri BOSDA Khusus dari sekolah peserta.

Sekolah yang belum melaksanakan kurikulum 2013 tahun ini sebanyak 38 sekolah. Dalam waktu dekat diusahakan pelatihan bagi guru-guru melalui dana mandiri.

Lebih lanjut Kepala bidang menyampaikan kepada semua peserta yang hadir untuk dapat bekerja dengan ikhlas, mudah-mudahan apa yang kita kerjakan dinilai sebagai ibadah, sehingga pekerjaan tidak menjadi beban bagi kita.

Guru harus bisa merubah mindset (pola berfikir) dalam mengajar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Tidak terjadi lagi untuk masa yang akan datang kurikulum yang diberlakukan kurikulum 2013 sementara cara mengajar guru masih menggunakan kurikulum 2006 atau kurikulum sebelumnya.



Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Marius. S.Pd.MM. Dalam arahannya menyampaikan, guru adalah orang yang akan digugu dan ditiru. Di tengah-tengah masyarakat sosok guru merupakan orang untuk tempat bertanya.

“Untuk itu mari kita tingkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan di Abad 21. Kalau guru tidak siap untuk mengikuti perubahan, niscaya akan digilas oleh perubahan itu sendiri,” ujarnya.

Sebagai fasilitator Instruktur Propinsi (IP) untuk kegiatan ini adalah Dori Vernanda, Rifni Iffendri, Robby Rahmat, Rimayanti, Feri Fren dan Taufik. ( Feri Fren )

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Timnas U-16, Sutan Diego Armando Ondriano Zico. (foto pssi)

Sutan Zico Bakal Hadir di Opening Ceremony Minangkabau Cup 2018

SPIRITSUMBAR.com – Opening Ceremony Minangkabau Cup II tahun 2018 bakal tampil dalam suasana heboh dan ...