Beranda - Pendidikan - Artikel - Kabut Asap dan Asap Rokok

Kabut Asap dan Asap Rokok

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Sebuah pemandangan yang menarik pernah terlihat pada suatu pagi. Dimana ada seseorang yang mengenakan masker untuk menutupi hidungnya dari kabut asap yang sedang melanda daerah kita saat ini.

Kita tahu tujuannya adalah untuk menyaring masuknya zat-zat yang berbahaya ke dalam tubuh. Pada akhirnya, akan menimbulkan penyakit, seperti inspeksi saluran pernafasan dan akut yang disingkat dengan ISPA.

Setelah beberapa saat, orang yang saya lihat tersebut membuka masker dari hidungnya dan membiarkan talinya tergantung ditelinga dengan bagian masker terletak dibagian dagu.



Selanjutnya orang tersebut mengelurkan sebatang rokok, membakar dan menghirup asap rokoknya dengan sangat nikmat sekali.

Sejenak saya tertegun, heran dan berfikir.  Aneh juga rasanya, kabut asap akibat kebakaran hutan yang sangat jauh datangnya dari daerah tetangga. Dia mencegah bahaya asap yang akan menimbulkan penyakit dengan memakai masker.

Sementara asap rokok yang sangat dekat sekali sumber datangnya dari mulut ke paru-paru kok malah dinikmati, dan tidak memakai masker.

Apabila kita simak, asap kebakaran hutan dan asap rokok sebenarnya memiliki zat-zat yang hampir sama bahayanya.



Menurut Terry dan Horn kandungan zat kimia yang terdapat didalam sebatang rokok itu berjumlah tiga ribu macam. Walau hanya tujuh ratus macam zat saja yang bisa dikenali.

Diatara zat-zat kimia yang ada dalam sebatang rokok adalah pertama Acrolein(C3H4O), zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya.

Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan.

 Halaman   [  1  ]    [  2  ]

Tonton Video Lahan Riau Terbakar, Sumbar Kena Asapnya

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi pemain Timnas U23

Pemain Timnas U19 Segera Berangkat ke Inggeris

Garuda Select akan kedatangan lima pemain baru pada akhir pekan ini di tengah pemusatan latihan ...