Beranda - Pendidikan - Artikel - Kabut Asap dan Asap Rokok
Feri Fren
Feri Fren

Kabut Asap dan Asap Rokok

Print Friendly, PDF & Email

Kedua, Carbon Monoxida(CO),gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon.

Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen.

Ketiga, Nikotin(C10H14N2), cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok.



Keempat, Ammonia(NH3),gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.

Artikel Lainnya

loading…


Kelima, Formic Acid(HCO2H), cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh.
Keenam, Hydrogen Cyanide(HCN), gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian.

Ketujuh, Nitrous Oxide(N2O), gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.

Kedelapan, Formaldehyde(CH2O), gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama. Kesembilan, Phenol(C6H5OH), zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme.

Sepuluh, Acetol(C2H4O2), zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol.
Sebelas, Hydrogen Sulfide(H2S), gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen).

Duabelas, Pyridine(C5H5N), cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.

Tigabelas, Methyl Chloride (CHCL), merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.

Empatbelas, Methanol(CH3OH), cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.

Limabelas, Tar (C6H6),cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru.

Rokok mengandung banyak sekali mengandungzat kimia yang dapat mengancam kesehatan orang yang merokok (perokok aktif) termasuk orang yang berada di sekitar perokok itu sendiri(perokok pasif). Meskipun dalam bungkus rokok sudah tertulis jelas jika rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, namun seolah orang tak memperdulikan hal itu.

Disisi lain, kabut asappun memiliki zat-zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan seperti,Carbon Monoksida (CO), nitrogen dioksia (NO2), sulfur dioksida (SO2), dan ozone (O3).

Dalam hasil Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Riau beberapa waktu lalu, kandungan partikel dalam udara yang berdiameter lebih dari 10 micrometer (PM 10) sudah melebihi angka 101 Psi. Hasil ini menandakan udara di kawasan tersebut sudah masuk pada kategori tidak sehat dan menjadi berbahaya jika mencapai angka 200 Psi.

Kandungan partikel debu yang berlebih dalam udara akan dapat menyebabkan gangguan infeksi saluran pernapasan hingga pneumonia. Selain partikel debu, kabut asap juga membawa partikel lain yang lebih halus dan dapat tetap masuk ke dalam saluran pernapasan walaupun sudah menggunakan masker.



Kabut asap memiliki zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Zat yang berbahaya ini akan dapat memicu terjadinya penyakit kanker, seperti kanker paru-paru. Jelaslah disini bagi kita bahwa antara kabut asap dan asap rokok sama-sama memiliki zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Waspadalah.

Halaman   [  1  ]    [  2  ]

Tonton Video Kabut Asap Kepung Dharmasraya

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin Diskusi Publik di Media Center Komplek Parlemen, Senayan (foto Ist)

Sultan B Najamudin Dorong Pemberdayaan Sektor Pemuda dan Olahraga

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mendorong pemuda Indonesia untuk ikut ...