Beranda - Pariwisata - Event - Kabag Humas Kota Padang Hadir di PR Summit
Humas Padang ssat menghadiri City Government PR Summit
Humas Padang ssat menghadiri City Government PR Summit

Kabag Humas Kota Padang Hadir di PR Summit

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang menghadiri Indonesian City Government Public Relation (PR) Summit atau pertemuan humas pemerintah daerah se-Indonesia yang diselenggarakan di Ballroom Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis (3/10/2018).

Kepala Bagian Humas Setda Kota Padang Imral Fauzi pun terlihat mengikuti serangkaian kegiatan dari pembukaan hingga penutupan.

“Alhamdulillah, kita dapat mengikuti kegiatan yang sangat penting bagi kita di dunia kehumasan. Sebagaimana tujuannya adalah meningkatkan sinergi dan koordinasi antara humas pemerintah kota dan kabupaten untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang kehumasan. Di samping itu juga sekaligus memperluas jejaring sehingga dapat memperkaya solusi pemecahan masalah kehumasan pemerintah daerah,” tuturnya kepada wartawan di sela kegiatan.

Menurut Imral, dalam event ini banyak hal didapat yang tentunya untuk bisa dibawa dan diterapkan di Padang. Dimana dalam sharing session ada 3 tema penting yang dijelaskan tentang kehumasan era saat ini dari berbagai narasumber berkompeten.

“Yaitu tentang Digital PR, Media Relations dan Program PR. Masing-masing tema sangat penting bagi kita di Kota Padang sebagai peningkatan fungsi humas serta upaya mengatasi permasalahan yang ada,” ungkap Imral didampingi stafnya David Septian.

Lebih lanjut disebutkannya, adapun berbicara kehumasan di Pemerintah Kota Padang yaitu berada di bawah jajaran Asisten Administrasi. Humas di Padang katanya memiliki 3 sub bagian, yakni Sub Bagian Publikasi, Dokumentasi dan Koordinasi Kehumasan serta Pelayanan Informasi Publik.

“Masing-masing sub bagian selalu berupaya profesiona dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi)-nya. Sementara untuk publikasi atau pemberitaan agenda dan program wali kota, wakil walikota, sekda dan OPD kita melalui website atau media sosial seperti facebook, instagram dan lainnya. Di samping itu juga bekerjasama dan menjaling kemitraan dengan media cetak dan elektronik,” tukasnya.

Dalam Indonesian City Government PR Summit yang diinisiasi Humas Setda Kota Bandung tersebut diikuti seribu lebih praktisi humas dari berbagai pemerintah daerah se-Indonesia, serta lembaga pemerintah/swasta dan juga mahasiswa jurusan komunikasi dari beberapa perguruan tinggi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Dwi Wahyu Atmaji. Nampak hadir Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Yayan A. Brillyana serta menghadirkan keynote speaker Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, pranata humas termasuk humas pemerintah daerah di Indonesia memang dituntut terutama dapat mengedepankan komunikasi dua arah. Tidak hanya dengan manajemen puncak dalam hal ini unsur pimpinan daerah, melainkan juga dengan insan pers, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya demi terbentuknya citra kota yang kuat sekaligus positif.

“Seorang pejabat humas harus mampu memainkan berbagai peran dalam pelaksanaan tugasnya mulai dari komunikator, fasilitator, diseminator, katalisator, konselor, advisor, interpretator, dan penulis konsep dalam pembentukan citra kota,” tuturnya.

Dwi pun juga menyinggung pentingnya ‘city branding’. Menurutnya, pengelolaan citra kota merupakan fenomena global di era persaingan saat ini. Mereka mencitrakan diri seperti komoditas dan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Karena citra kota yang kuat akan mempermudah penempatan suatu kota dalam persaingan di pasar global.

“City branding seharusnya tidak hanya dilihat sebagai branding atau marketing semata. Ia adalah seni menciptakan citra suatu kota di benak masyarakat sehingga tertarik kepada kota tersebut. Citra yang unik, yang tentunya membedakan dari kota yang lain,” beber dia.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...