Beranda - Pariwisata - Event - Jelang Penas Tani, 200 Ha Sawah Solok Ditanami Varietas Anak Daro
Wakil walikota Solok, Reinier Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can SE malakukan tanam perdana padi varietas anak daro
Wakil walikota Solok, Reinier Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can SE malakukan tanam perdana padi varietas anak daro

Jelang Penas Tani, 200 Ha Sawah Solok Ditanami Varietas Anak Daro

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Solok – Kota Solok merupakan salah satu daerah kunjungan saat Penas Tani 2020 mendatang. Saat itu Pemerintah Kota Solok akan memanjakan mata pengunjung dengan aktifitas panen raya.

Untuk menyukseskan acara itu, Wakil wali Kota Solok, Reineir, melakukan penanaman perdana padi varietas anak daro di Hamparan Sawah Solok, Kelurahan Sinapa Piliang, Senin (9/3/2020).

Penanaman padi serentak varietas Anak Daro itu, juga diikuti oleh Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, Forkopimda Kota Solok, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat Candra, Forkopimda Kota Solok, Asisten II Setda Kota Solok Jefrizal, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ikhvan Marosa, kepala OPD terkait, Balai Penelitian Tanaman Holtikultura, BPTP, Balitbu, serta Balai Besar Padi.

Wakil walikota Solok, Reinier mengatakan, Saat ini, luas areal pertanian Kota Solok kurang lebih seluas 600 Ha, dan sepertiga  diantaranya atau 200 Ha yang berada di hamparan sawah Solok ditanami padi varietas anak daro.

“Varietas Anak Daro saat ini sudah mendapatkan sertifikat nasional dan telah teruji kualitasnya. Salah satu kelebihan varietas anak daro masa waktu panennya juga singkat, sehingga lebih membuat keuntungan kepada para petani di Kota Solok,” ujar Reinier.

Lebih jauh dikatakannya, dipilihnya varietas anak daro disamping untuk memeriahkan acara Penas Tani, juga untuk menjaga agar petani tidak mengalami kerugian dengan acara ini, melainkan tetap memperoleh keuntungan dan semakin bergairah.

Ditambahkannya, Pemerintah Kota Solok saat ini juga sedang merencanakan pembangunan embung dan sumur bor. Hal itu disiapkan, agar dapat membantu masyarakat jika mengalami kekurangan air untuk pertanian.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Candra mengucapkan terimakasih kepada Pemko Solok yang telah mengajukan diri sebagai salah satu daerah kunjungan saat Penas Tani nanti.

“Mohon diwaspadai dari berbagai macam hama agar panen raya nanti akan sukses, dan akan menjadi contoh dan tujuan wisata nantinya,” pintanya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan hadiah lomba kelompok tani pelaksana Jajar Legowo dan Teknologi Pertanian serta lomba penyuluh inovasi dan penerapan teknologi pertanian Tahun 2019.

Untuk Kelompok Tani, Peringkat 1 Sarang Alang dari Kelurahan Laing, Peringkat 2 Harapan Baru dari Kelurahan Tanjung Paku, dan Peringkat 3 Serba Usaha dari Kelurahan Tanah Garam.

Untuk Penyuluh Inovator, Peringkat 1 Desi Armiaty di Kelurahan Laing,  Peringkat 2 Erlinas Iswari di Kelurahan Tanjung Paku, serta Peringkat 3 Melda di Kelurahan Tanah Garam. Setelah itu, juga dilakukan penebaran benih ikan secara serentak di sepanjang aliran Sawah Solok.(leony)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Covid-19, SPS Sumbar Kirim Surat Rekomendasi ke SPS Pusat dan Dewan Pers

Spiritsumbar.com, Padang – Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Sumatera Barat, Senin (6/4/2020) menerbitkan rekomendasi kepada ...