Beranda - Headline - Jelang Pemilu 2019, Kabupaten Pasaman Utara Didengungkan
Pantai Air Bangis, Pasaman Barat (foto Buyung)
Pantai Air Bangis, Pasaman Barat (foto Buyung)

Jelang Pemilu 2019, Kabupaten Pasaman Utara Didengungkan

Print Friendly, PDF & Email

Seratusan warga di Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang menggelar acara Halal bi halal di SMK IT  Agus Susanto untuk merumuskan Pembentukan Panitia Pemekaran Kabupaten Pasaman Utara, Minggu (2/7/2017).

Sekretaris Umum Panitia Defenitif Pembentukan Kabupaten Pasaman Utara, Amin Hadia mengatakan sebanyak seratusan orang menggelar Halal Bihalal di SMK IT Agus Susanto Jalan Kuamang Nagari Ujung Gading dalam rangka merumuskan Inisiator Panitia Pemekaran Kabupaten Pasaman Utara.

loading…


Menurutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tentang Pemekaran Pembentukan Daerah Kabupaten Baru guna mempermudah pelayanan publik di Pasaman Bagian Utara yang memiliki Enam Kecamatan, Delapan Nagari Induk.

Rencana Pembentukan Kabupaten Pasaman Utara dengan enam Kecamatan yakni Kecamatan Gunung Tuleh,Kecamatan Sungai Aua,Kecamatan Lembah Melintang, Kecamatan Parik Koto Balingka, Kecamatan Ranah Batahan dan Kecamatan Sungai Beremas.

Berangkat dari Peraturan Pemerintah tersebut Pembentukan Kabupaten Pasaman Utara sudah melebihi persyaratan poin persyaratan pembentukan Kabupaten baru minimal Lima Kecamatan.

Ia menjelaskan, Jika di nilai dari Jumlah populasi penduduk Pembentukan Kabupaten Pasaman Utara memiliki jumlah penduduk yakni di Kecamatan Lembah Mlintang sebanyak 51.000 ribu penduduk, Gunung Tuleh 30.000 penduduk , Sungai Aur 35.000 penduduk, Parit Koto Balingka 30.000 penduduk, Ranah Batahan 30.000 Penduduk, Kecamatan Sungai Beremas 30.000 penduduk.

Dalam acara Halal Bihalal ini telah terbentuk Susunan Struktur Panitia Defenitif Panitia Pemekaran Kabupaten Pasaman Utara dengan Ketua Persiapan Drs. Hasbi Sani, Sekretaris Umum Amin Hadia.S.K.M, Bendahara Rama Pernanda Ukhari.SE dengan Pembina Agus Susanto (Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan), Hj. Emma Yohanna (Anggota DPD RI) Mayjen (Purn) Nazri Adlani (Mantan Wakil Ketua Anggota MPR RI), Bupati Pasaman Barat, Delapan Wali Nagari Induk bagian utara, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) se Pasaman Utara, Bamus se Pasaman Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, se Pasaman Utara.
Dukungan pembentukan persiapan Kabupaten Pasaman Utara dihadiri  6 perwakilan nagari induk bagian utara. Jika ini terealisasi, direncanakan pusat Kabupaten Pasaman Utara berada di Ujung Gading tepatnya Jorong  Situak pemangku ulayat telah mempersiapkan areal lahan seluas 200 Ha siap di Sporadikan.

Menurutnya, setelah panitia defenitif terbentuk, Senin depan akan menghadap ke Bupati Pasaman Barat guna menyampaikan hasil notulen Halal Bihalal Panitia Pembentukan Kabupaten Pasaman Utara serta melengkapi segala administrasi kelengkapan lainya. “Dalam waktu dekat kita akan surati Gubernur Sumbar hingga Presiden RI di Jakarta,” ujar Amin Hadia di Simpang Ampek. (Buyung)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Artikel lainnya:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kalteng Putra vs Semen Padang FC

Semen Padang FC Menang Besar

SpiritSumbar.com, Banjarmasin – Semen Padang FC mengganas di laga pekan ke-31 Liga 1 2019 di ...