Beranda - Pendidikan - Artikel - Jangan Takut Mimpi

Jangan Takut Mimpi

Print Friendly, PDF & Email

Jangan Takut Mimpi
Oleh : Haryatri Waewa (SD Negeri 05 Gunuang Malintang)

Bukan mimpi saat terbangun dari tidur, bukan pula mimpi igauan para pembual, atau mimpi tentang bidadari yang turun dari kayangan.

Mimpi itu sesuatu yang kadang orang tidak percaya, kadang tidak mungkin terbukti nyata kejadiannya. Tidak selaras dengan kenyataan yang dihadapi. Tapi mimpi itu ada, ada dalam angan, dalam renungan, dalam khayal, dalam detak jantung yang selalu bergetar, dalam darah yang mengalir, dalam alunan musik, dalam setiap jejak langkah yang ditelusuri.

Bicara tentang mimpi pasti kita semua pernah mengalami mimpi kan? Tidak ada seorangpun didunia ini yang tidak pernah mengalami mimpi. Karena mimpi adalah bunga tidur yang senantiasa mengiringi tidur kita. mimpi memanglah bunga tidur.

Tetapi apakah mimpi dalam tidur itu kita yang membuat skenarionya? Jawabanya tentu saja tidak, tapi bisa jadi aktifitas yang kita lakukan sebelum tidur, adalah penghantar mimpi kita. Pernahkah kita menyadari hal itu? Pernahkah mimpi dalam tidur kita menjadi kenyataan? Apakah anda orangnya? Nah jika demikian, mimpi tidur saja bisa menjadi nyata, apalagi mimpi yang kita rencanakan.

Mimpi tidak serta merta membuat orang tidak menyadari keadaannya. Mimpi artinya tuliskan keinginanmu, tulis yang ingin kamu rencanakan, tuliskan cita-citamu di dinding kamar, di meja belajar, di mana saja yang bisa kita lihat. Tujuannya agar kita tetap ingat dengan mimpi kita. bukankah seperti itu pula saran yang pernah kita sampaikan pada anak-anak?.

Orang sering bilang bermimpilah teman! Bermimpilah untuk jadi orang besar! Dan benar saja ternyata mimpi itu penting. Ini terbukti dari paparan banyak tokoh sukses yang sering kita tonton di acara talk show yang menginspirasi sebut saja Kick Andy, Hitam Putih, Imposible dan kawan-kawan. Semua kisahnya berawal dari sesuatu yang tidak mungkin.

Dialah mimpi, mimpi yang harus diwujudkan. Mimpi yang akan selalu mengingatkan kita bahwa Allah Tuhan semesta alam memerintahkan kepada kita untuk memilih apa yang kita inginkan, surga atau neraka? Semua terserah kita, semua berpulang pada kita. maka mimpi yang manakah yang menjadi impian kita?

berhasil dan sukses atau gatot alias gagal total? Pemimpi ideal lebih mengutamakan mimpinya setinggi mungkin, meski mustahil untuk diwujudkan. Sisanya ia tidak pernah berhenti berusaha, berusaha dan berusaha.

Seorang anak kecil jika ditanya apa mimpimu? Mereka menjawab dengan mantap dan lugu, tanpa malu-malu dan ragu. Seolah ia mampu menjadi seseorang yang ia inginkan. Begitulah sibocah kecil, ia tak pernah memikirkan bagaimana caranya, apa yang harus dilalui dan alami untuk bisa mencapai mimpi itu. Tapi yang pasti bocah itu kini sudah menjadi seorang dosen seperti asa yang pernah ia impikan di usia kecilnya. Bukan disulap bimsalabim, lantas jadi dalam waktu singkat. karena mimpi tak bisa disulap oleh magistion hebat manapun.

Mimpi itu sebuah cita-cita yang harus diwujudkan melalui beragam ikhtiar yang terus menerus. Demikian Allah SWT berfirman dalam Alquran Innalloha la yughaiyyiru bikaumin khatta yughayyiru ma biangfusihim ( sesungguhnya Allah tidah merubah nasib suatu kaum kecuali ia sendiri yang berusaha mengubahnya )

Tanpa mimpi manusia hanyalah sebuah bongkahan tulang hidup yang tak bisa difungsikan. Dia tidak tahu arah tujuannya karena tidak berani bermimpi. Masalahnya, banyak orang takut akan mimpi mereka sendiri. Mungkin karena masukan yang selama ini mereka terima selalu negatif. Orang-orang hanya diberi apa yang tidak bisa mereka lakukan, bukan apa yang mampu mereka lakukan.

Mimpi itu penting dimiliki oleh manusia. Manusia tanpa mimpi, ibarat motor tanpa roda, mesinnya bagus kuat dan tangguh. Tetapi tanpa roda, motor tak bisa difungsikan. Mimpi memiliki kekuatan yang penting. Dasar yang menggerakkan kita untuk melakukan sesuatu adalah mimpi. Jika kita tidak punya mimpi, kita tidak bisa bergerak. Karena kita tidak tahu dari mana kita memulainya. Mulailah dari bermimpi. Dan wujudkanlah mimpi itu dengan melangkahkan kaki untuk melakukan apa yang kita bisa.

Belajarlah dari orang-orang hebat yang memulai kesuksesannya dari mimpi. Mimpi yang bisa jadi orang akan mencibir mendengar mimpi kita. Tapi cibiran itu akan menjadi sangat berharga manakala kita jadikan sebagai bentuk motivasi untuk bisa mewujudkannya. Banyak orang-orang hebat yang terlahir justru saat ia bermimpi berada dalam kondisi diamana ia sangat terbelakang dalam berbagai hal.

Tidak mungkin ia akan memjadi hebat seperti sekarang. Hari ini saatnya giliran kita yang mesti punya mimpi, karena hidup berawal dari mimpi. Wallahu aklam bisshowab.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Perusak Rumah Kontrakan di Jember Diduga Karena Pengaruh Miras

SPIRITSUMBAR.com, Jember – Parmenas atau Jau (20), Yakup (21), Samuel (24) dan Jak (23), saat ini ...