Beranda - Headline - Jangan Jadikan Perbedaan Sebagai Pemecah
Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membuka acara Bimbingan Teknis Penguatan Pemangku Adat utusan Kecamatan Lima Kaum, Rambatan dan Pariangan (foto David)
Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membuka acara Bimbingan Teknis Penguatan Pemangku Adat utusan Kecamatan Lima Kaum, Rambatan dan Pariangan (foto David)

Jangan Jadikan Perbedaan Sebagai Pemecah

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Tanah Datar – Berbagai perbedaan terjadi dalam masyarakat harus dikelola dengan baik dan jadikan penyemangat untuk berbuat lebih baik. Perbedaan bukan dipupuk, rena ketika hal ini tumbuh subur akan menjadi potensi gesekan berpotensi menimbulkan kerusakan keamanan di tengah masyarakat.

Ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membuka acara Bimbingan Teknis Penguatan Pemangku Adat utusan Kecamatan Lima Kaum, Rambatan dan Pariangan, Senin (28/10/2019) di Aula Kantor Camat Lima Kaum.

Karena itu, ungkap Wabup Zuldafri, disinilah peranan para pemangku adat atau ninik mamak memberikan pemahaman kepada anak kemenakan taupun sanak famili serta masyarakat.

“Dengan Bimtek Penguatan bagi Pemangku Adat ini, diharapkan akan semakin memantapkan dan menambah wawasan angku-angku niniak mamak kita tentang tugas dan fungsinya sehingga benar-benar mampu menjadi tauladan, ka pai tampek batanyo ka pulang tampek babarito bagi kaumnya,” katanya.

Wabup menambahkan, kegiatan Bimbingan teknis ini akan dilaksanakan di seluruh Nagari dan Kecamatan yang ada di Tanah Datar. “Insya Allah kegiatan ini dilaksanakan di seluruh kecamatan. Ini dilakukan karena tentunya adat setiap daerah ada perbedaannya, sesuai pepatah minang Adaik Salingka Nagari, pusako salingka nagari,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Abrar Mukhlis yang juga menjabat Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud menyampaikan, kegiatan bimtek difasilitasi pada kegiatan fasilitas Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Kebudayaan Budaya untuk Nagari se Kabupaten Tanah Datar pada Dinas Dikbud.

“Pelaksanaan bimtek akan dilaksanakan dari 28 sampai 30 Oktober di aula kantor Camat Lima Kaum ini yang dihadiri 75 orang peserta dari 15 Nagari di Kecamatan Lima Kaum, Rambatan dan Pariangan dengan hadirkan narasumber dari Provinsi dan Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya.

Kegiatan turut dihadir Kadis Parpora Abdul Hakim, Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, Forkopimca, Wali Nagari, Ketua LKAAM Lima Kaum, Ketua KAN, Pemuda dan Bundo Kanduang utusan Kecamatan Lima Kaum, Rambatan dan Pariangan. (David)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

13 Rumah Dihantam Longsor di Tanjung Sani

SpiritSumbar com, Agam – Sedikitnya 13 unit rumah rusak akibat hujan deras dan tanah longsor ...