Selasa , 11 Desember 2018
Beranda - Headline - Jalan Layang Silaiang Bakal Percantik Wisata Ranah Minang

Jalan Layang Silaiang Bakal Percantik Wisata Ranah Minang

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Padang – Jalan Raya Silaiang Padang Panjang kembali muncul ke permukaan. Masyarakat kembali berharap kehadiran jalan yang mampu memberi warna bagi Sumatera Barat. Kehadiran jalan layang yang membelah salah satu kawasan hutan lindung itu bakal memberikan warna baru bagi wisata Ranah Minang.

Sebagaimana pernah disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan prayitno, Jalan Layang Silaiang Padang Panjang merupakan salah satu pembangunan dalam upaya peningkatan transportasi di Sumatera Barat.

“Jalan Layang Silaing Padangpanjang, tidak saja untuk mengurai kemacetan jalur utama Sumbar menuju Bukittinggi dan juga jalur untuk menuju ke Provinsi Riau. Lebih dari itu kehadiran Jalan Layang ini juga akan mendukung pariwisata Ranah Minang. Apalagi Bukittinggi masih menjadi primadona bagi wisatawan, baik lokal maupun manca negara,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa Jalan Layang Silaiang – Padang Panjang ini disainnya sudah siap, namun masih dalam proses pemerintah pusat.

Sementara Ketua Komisi IV (Bidang Infrastruktur) DPRD Sumbar, H. Nurnas mengatakan wacana pembangunan jalan layang itu sudah dikemukakan sejak masa Sabri Zakaria menjabat Kepala PU Sumbar. Namun, rencana pembangunan dan dibahas di DPRD Sumbar baru dilakukan tahun 2013.

Menurut Nurnas kondisi jalan saat ini tidak memungkinkan lagi, lantaran makin tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor. Selain itu, lokasi Silaiang juga sering terjadi bencana longsor. Malahan, angka kecelakaan juga cukup tinggi pada kawasan tersebut.

“Kehadiran jalan layang akan mampu mengurai kemacetan yang selama ini menghantui para pengendara. Selain itu, pembangunan jalan layang juga tidak mengganggu ekosistem hutan lindung,” ujarnya.

Dia menambahkan, kehadiran jalan layang juga akan memberikan alternatif pada pengendara. Karena jalan yang lama masih bisa dimanfaatkan, secara otomatis jalan ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Walau begitu, Nurnas tidak bisa memastikan dimulainya pembangunan jalan layang ini. Karena, anggarannya berasal dari APBN. “DED sudah ada, namun pembangunannya tergantung pada pemerintah pusat,” ujarnya. (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Penyempurnaan Data, Jumlah Pemilih Bertambah

SPIRITSUMBAR.com – Komisi Pamilihan Umum (KPUD) Dharmasraya, gelar Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan penyempurnaan daftar ...