Beranda - Headline - Jalan di Aspal, Masyarakat Kampung Pandan Senyum Bahagia
Siswa SMPN 1 Batang Kapas berangkat dari rumah menuju sekolah. Jalan kampung mereka telah bagus dan mulus.(niko)
Siswa SMPN 1 Batang Kapas berangkat dari rumah menuju sekolah. Jalan kampung mereka telah bagus dan mulus.(niko)

Jalan di Aspal, Masyarakat Kampung Pandan Senyum Bahagia

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com | Batang Kapas – Senyum kecil terlihat pada peserta didik sambil mengayuh sepeda untuk pergi menuju sekolah. Mereka senang dan gembira. Senang saja hatinya.
Artikel Lainnya

loading…


Kegembiraannya bukan karena memiliki uang jajan yang banyak, berseragam baru atau punya sepatu baru. Tetapi anak-anak tersebut merasa senang saja bahwa jalan pedesaan yang mereka lewati setiap hari yang biasa rusak parah kini telah licin dengan aspal yang baru. Dihotmix pula.

Tak ada lagi keluh kesah. Biasanya orang malas melintas karna kondisi jalan sebelumnya begitu memprihatinkan.

Namun sejak pemerintah daerah memberikan perhatian dan pembangunan merata secara berkala, maka kekecewaan masyarakat Kampung Pandan, Kenagarian Koto Nan Duo, Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan berubah menjadi¬† sebuah pujian. “Lah rancak jalan kampung ambo kini. Sanang bana hati ambo. Lah ramai urang lewat. Dunsanak nan dirantau pasti tadagak pulang kampung kalau jalan kito alah ba aspal”ujar Cidin (42) warga setempat.

Kata dia, bagaimana tidak, sebab berpuluh tahun jalan Desa tersebut terabaikan dalam pembangunan. Bahkan sudah tiga kali ganti bupati jalan sepanjang 3 KM itu belum kunjung diperbaiki.

Namun kini semua keluhan dan urut dada warga disana telah sirna. Jalan kampung mereka sudah bagus dan mulus. Tidak ada lagi lobang dan kerusakan jalan. “Akses masyarakat untuk membawa hasil tani dan kebun menjadi lancar. Para toke atau penadah tidak enggan lagi memasuki jalan kampung kami, bahkan orang-orang yang biasa enggan melewati kampung kami kini acap kali mondar-mandir”ujar Cidin.

Sebelumnya ketika jalan itu rusak dan seperti yang diberitakan pada 2016 lalu beberapa warga sempat menanam pohon pinang di tengah jalan.

Namun satu hari setelah kejadian itu, Bupati Pessel, Hendrajoni langsung turun ke lapangan untuk memeriksa jalan. Beberapa OPD terkait dibawanya.

Tepat di Simpang Tiga dekat Pos Rundo Kampung Pandan, Kenagarian Koto Nan Duo Bupati berhenti dan disambut warga. Disana Mantan Perwira Menengah berpangkat AKBP itu memberikan instruksi kepada Kadis PU, Era Sukma Munaf agar jalan yang rusak segera selesai pembangunannya di 2017. Dan kini warga mendapati janji itu. Kegiatan ekonomi masyarakat akan berjalan lancar seiring pembangunan dikampung mereka juga berlangsung bagus (niko).
Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi pemain Timnas U-23 usai mencetak gol

Semifinal Sea Games, Timnas U23 Fokus Hadapi Myanmar

SpiritSumbar.com, Filipina – Tim Nasional Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke babak semi-final SEA Games ...