Beranda - Headline - Jadi Irup, Muhayatul : Lingkungan Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Siswa
Anggota DPRD Sumbar Muhayatul jadi pembina upacara di SMA 1 Sutera
Anggota DPRD Sumbar Muhayatul jadi pembina upacara di SMA 1 Sutera

Jadi Irup, Muhayatul : Lingkungan Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Siswa

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pesisir Selatan – Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat, Muhayatul, SE. M. Si. manfaatkan masa reses sidang pertama 2020 dengan mengunjungi konstituen.

Bahkan tokoh muda Pesisir Selatan ini juga didaulat menjadi pembina atau inspektur upacara (irup) di SMA Negeri 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin, 20/1/2020.

Dalam amanatnya, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Sumbar ini menyampaikan tips sukses dalam menuntut ilmu. Menurutnya, sukses pendidikan perlu peran penting semua elemen. Mulai dari siswa itu sendiri, peran pendidik dalam hal ini guru dan yang juga sangat menentukan adalah peran orang tua siswa.


“Siswa harus mampu mengenali potensi yang yang ada dalam dirinya. Agar tidak salah menentukan arah pendidikan selanjutnya,” ujar Mantan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat ini.

Artikel Lainnya

loading…


Dia juga menegaskan pentingnya peran guru. Tenaga pendidik ujarnya, sangat berperan dalam melihat potensi siswa  dan memberikan arahan sesuai dengan potensi siswa itu.

“Diharapkan orang tua mempunyai peran lebih di luar sekolah. Karena  pengawasan guru lebih banyak di sekolah. Sementara waktu siswa lebih banyak di luar sekolah. Maka di sini kita tuntut peran penting orang tua agar anak didik lebih terarah,” ujarnya.

Kemudian imbuhnya, para siswa harus lebih pintar memilih pergaulan. Baik di dalam maupun di luar sekolah. Karena faktor lingkungan sangat menentukan dan mempunyai pengaruh besar terhadap keberhasilan siswa.

“Kondisi sekarang banyak generasi muda yang terjerumus narkoba. Untuk itu kepada peserta didik jauhi dan jangan pernah berdekatan dengan narkoba apalagi mencoba. Masa depan para siswa terletak ditangan anda sendiri dan bagaimana kita hari ini merupakan gambaran kita di masa yang akan datang, ” ujarnya.

Anak anak semua adalah generasi harapan bangsa maka mari kuatkan tekad untuk membangun bangsa indonesia ini untuk lebih baik dan berkemajuan. (Salih/Rel)

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Roza Mardiah

Tanah Datar Nol Kasus Baru dan Sembuh Bertambah

Spiritsumbar.com, Tanah Datar – Pandemi Covid-19 di Tanah Datar menunjukkan kondisi baik beberapa hari belakangan. ...